Sukses

ST Bastiens Berikan Gebrakan Gothic di Single Baru yang Mencuri perhatian

ST Bastiens bakal memberikan penampilan yang berbeda.

Liputan6.com, Jakarta Grup band ST Bastiens melakukan gebrakan dengan merilis single pertamanya yang berjudul Das Schönste Arschloch pada Jumat (11/3/2022). Single ini menjadi pembuka karena bakal ada karya berikutnya. Dan tentunya kolaborasi dengan beberapa musisi Tanah Air.

Band yang menggunakan konsep landasan gaya New-Gothic ini berfokus untuk mengambil aura perubahan, revolusioner dan kebebasan berekspresi. Gothic tidak ingin mereka kaitkan lagi dengan hitam dan kegelapan, tapi lebih menjadi bentuk aktualisasi diri dan menjadi lambang buat setiap pribadi untuk berani berkarya. Berbuat sesuatu yang positif dan berani mengekspresikan dirinya menjadi dirinya sendiri.

Dianalogikan dengan perubahan menjadi vampire, suatu persona yang kuat, cepat, dan punya kemampuan serta berani berdiri di tengah kegelapan yang melanda untuk menjadi dirinya sendiri. New-Gothic adalah paduan musik antara New Wave, Gothic dan Rock yang menjadi aura dari band ini.

Seperti motto yang mereka usung dalam single pertamanya, yakni 'In Goth We Trust'. Yang memiliki arti percaya pada diri sendiri untuk berekspresi dan beraktualisasi. GOTH yang dimaksud disini adalah sebuah akronim dari Get Out The Habits, yang berarti keluar dari kebiasaan yang telah biasa orang normal lakukan. Bahwa tidak apa-apa menjadi berbeda, tidak masalah menjadi lain dari pada yang lain, tidak apa-apa untuk keluar dari comfort zone.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Luar Negeri

ST Bastiens akan turut menghingarkan telinga pendengar, baik di Indonesia maupun di Jerman. Atau di negara-negara lain. Rencananya, setelah tour di bumi pertiwi, ST Bastiens akan melakukan tour lanjutan di negeri fatherland, salah satu tanah kelahiran para filsuf kenamaan. Akankan para pemikir yang sudah wafat itu turut berjingkrak-jingkrak saat kedatangan vampire darah belasteran ini?

Vampire disini, merujuk pada konsep band yang akan diusung oleh ST Bastiens dalam setiap lagu-lagunya. Dengan kesegaran yang “baru” mulut pemamah darah, taringnya siap mengigit panggung-panggung tempat beraksi, serta kuping dari para pendengar untuk dibuat bingar.

Belasteran yang dimaksud, dapat berarti fisikal maupun esensial. Antara Indonesia dan Jerman. Sang vokalis mempunyai darah Jerman, dan sempat hidup dinegara tersebut, walaupun kini, ia memilih Indonesia untuk tujuan bermusik dan berkehidupan. — Dengan alasan-alasan lain yang personal.

 

3 dari 4 halaman

Latar belakang

Dua negara ini, dimana diketahui bersama mempunyai latarbelakang kebudayaan serta sejarah yang berbeda. Tetapi dibalik perbedaan yang hadir, telah mengisi serta membuat resepsi, inspirasi dan gaya artikulasi dalam proses pengkaryaan band ini. Serta tengah menjadi pergaulan intelektual dalam bermusik.

Pergaulan yang dimaksud; dua latar belakang kultural, telah atau tengah diramu sedemikian rupa untuk dijadikan sesuatu yang khas dari tangan band ini, melalu pilihannya menjadi sebuah band bergenre New-Gothic.Band ini berkomposisi dua orang, yang menjadi pilar; Yakni, Sebastian Boenardi alias Prinz Sebastian von Wolf sebagai vokalis, Trisnoize alias Trisnosferatu sebagai bassist. Pada lagu yang disebutkan di atas, ST Bastiens memboyong edisional yang ciamik dari band bawah tanah di Bandung yang tidak diragukan lagi kepiawaiannya.

 

4 dari 4 halaman

Penampilan

Dengan gaya Jermanistik dalam penamaan personil, nama-nama yang terlibat dalam projek ini, juga diubah : Iing Rosemary menjadi Furst Von Schwarze Rosen (Gitar 1), Deana menjadi Engel Des Todes (Keyboardist), Akew Nectura menjadi Der Schwarze Raben (Gitar 2), Rifky menjadi Freitag Der 13 (Drummer).

Single pertama yang akan segera dirilis ini akan menjadi lagu pembuka dalam rangkaian projek kolaborasi ST Bastiens bersama musisi Indonesia lainnya, yang juga akan mengusung tema vampire sehingga nama-nama besar yang telah ada akan kembali menjadi 'nol' karena perubahan nama menjadi gaya Jermanistik. ST Bastiens akan mengembalikan nama-nama besar musisi Indonesia kembali seperti bayi di dunia vampire. Sehingga kedatangan ST BASTIENS akan menjadi titik-tolak seorang musisi untuk kembali struggling tanpa nama besar mereka yang telah menempel sebelumnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini