Sukses

Perankan Pengidap Alzheimer, Maudy Koesnaedi Ingat Momen Merawat Almarhumah Ibunda

Liputan6.com, Jakarta Maudy Koesnaedi menghadapi dua tantangan saat beradu akting dengan Rano Karno di Pelangi Tanpa Warna. Dalam film karya sineas Indra Gunawan itu, ia memerankan Kirana yang menderita Alzheimer.

Ini disampaikan bintang film Garuda Di Dadaku dalam jumpa pers di Jakarta, Kamis (27/1/2022). Tantangan pertama, menghidupkan tokoh Kirana, istri Fedy yang dimainkan Rano Karno.

“Berusaha untuk jadi Kirana, karena bebannya jadi dobel karena biasanya kalau saya bertemu Bang Rano ya jadi Zaenab. Tantangan kedua, mencari referensi soal Alzheimer,” Maudy Koesnadi membeberkan.

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

2 dari 5 halaman

Seputar Alzheimer

Maudy Koesnaedi tahu persis sejumlah bintang Hollywood meraih Piala Oscar lewat peran penderita Alzheimer dan demensia. Anthony Hopkins meraih Oscar kedua dalam The Father. Julianne Moore menang Oscar pertama lewat peran pengidap Alzheimer dalam Still Alice.

“Saya memperbanyak menonton film seputar Alzheimer, dapatnya tidak banyak. Solusinya, saya mengingat pengalaman waktu mendampingi almarhumah mama sebelum enggak ada. Saya melihat kenangan lalu mempresentasikan ke Mas Indra Gunawan sebagai sutradara,” katanya.

3 dari 5 halaman

Mencari Gestur

Akhirnya, Maudy Koesnaedi menyaksikan film Prancis tentang ayah pengidap Alzheimer yang hidup bersama anak dan cucu. Kisah ini tak serta merta bisa difotokopi ke tokoh Kirana dalam Pelangi Tanpa Warna.

“Saya mencari gestur dan pengalaman, melihat dari sisi penderita segimana bingung dan beratnya menghadapi ini. Ketika menyadari tidak ada yang bisa menghentikan degradasi atau penurunan kemampuan organ tubuh,” ujar Maudy Koesnaedi.

4 dari 5 halaman

Zayyan Manis Banget

Dengan menonton, ia merasakan sakitnya melawan Alzheimer. Ndilalah, Kirana mirip Maudy Koesnaedi dalam kehidupan nyata, yakni punya seorang anak laki-laki yang beranjak dewasa. Putra Kirana diperankan aktor Zayyan Sakha. Fakta ini membuatnya deg-degan.

“Zayyan manis banget, di lokasi syuting bisa nge-blend, enggak susah untuk menganggapnya sebagai anak. Tapi enggak mau membayangkan kalau saya kehilangan anak karena saya enggak bisa mengingat dia, duh enggak mau membayangkan itu,” ungkapnya. 

5 dari 5 halaman

Berkali Menelepon

Pelangi Tanpa Warna diproduksi Falcon Pictures. Film ini akan tayang di bioskop mulai 17 Februari 2022. Maudy Koesnaedi masih ingat betul kali pertama ditawari main film ini.

“Berkali-kali saya menelepon pihak Falcon Pictures, yakin nih mau sama Abang? Yakin nih, bisa meninggalkan citra Zaenab dan Doel? Saya juga berkali menelepon Bang Rano dan tanya: Sudah baca naskahnya belum? Ha ha ha,” pungkasnya.