Sukses

Rudy Salim Perkenalkan Taksi Udara Drone Ehang 216, Terbang 6 Menit Cuma Ratusan Ribu Saja

Rudy Salim berniat untuk menjadikan moda tranportasi ini bisa dimanfaatkan masyarakat Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Rudy Salim dikenal sebagai sosok Crazy Rich yang juga sahabat Raffi Ahmad. Dirinya baru saja memperkenalkan Drone Ehang 216, sebuah taksi udara yang bisa mengangkut penumpang.

Rudy Salim memang kerap membuat terobosan yang menghebohkan. Setelah bersama Raffi Ahmad mengakuisisi Cilegon United, kini dirinya membawa taksi udara dalam bentuk drone ke Indonesia. Rudy berniat untuk menjadikan moda tranportasi ini bisa dimanfaatkan masyarakat Indonesia.

"Targetnya banyak ya, dari Dinas Kementrian, swasta, perusahaan taksi bisa. Ini moda tranportasi yang lebih murah daripada helikopter atau tranportasi udara lainnya," ujar Rudy Salim saat ditemui usai perkenalan Drone Ehang 216 di kawasan Klungkung, Bali, Jumat (26/11/2021).

Rudy Salim menepis adanya kelemahan dalam penggunaan drone Ehang 216 ini. Menurutnya, faktor human error bisa diminimalisir karena sebuah drone penumpang ini dikendalikan dari jarak jauh.

"Kita bisa sedikit mengeliminasi human error karena ini tanpa pilot di dalam pesawat dan dikontrol jarak jauh. Lalu juga ada titik penerbangan. Kemungkinan human eror lebih kecil, hampir mustahil bahkan," ujarnya.

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Angin Topan

Rudy Salim mencontohkan bagaimana di China tempat asal dibuatnya drone Ehang 216 ini bisa tetap terbang saat ada badai.

"Sudah dicoba sampa angin topan dan masih bisa melayang di udara," ujarnya.

Usai perkenalannya ini, Rudy mengaku akan menunggu regulasi dari pemerintah mengenai izin penggunaan drone Ehang 216 ini. Drone ini memang diperuntukkan bagi penumpang sehingga harus dipastikan sisi keselamatannya.

"Hari ini baru kita kenalkan. Kita baru nunggu regulasi karena belum ada izin dan belum boleh jualan nunggu ya," ujarnya.

 

3 dari 4 halaman

Harga Sewa

Nantinya, setiap elemen masyarakat bisa memanfaatkan drone Ehang 216 ini. Rudy menyebut untuk harga sewanya sangat murah dibandingkan menyewa helikopter.

"Tentunya nanti akan disewakan per enam menit harganya hanya ratusan ribu rupiah. Tapi masih kita hitung karena menggunakan listrik, tanpa BBM dan diisi ulang. Sangat murah sekali lah," ujar Rudy.

"Ketahanan bisa terbang selama 30 menit sejauh 30 km setinggi 300 meter sekali charge. Kita jadi pertama dan satu-satunya yang mendatangkan drone Ehang ini ke Indonesia," ujarnya.

 

4 dari 4 halaman

Dihadiri

Dalam perkenalan dan persemian Drone Ehang 216, turut hadir Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo bersama Sekretaris Jenderal IMI Ahmad Sahroni.

Turut hadir antara lain Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta, Kepala Subdit Sertifikasi Pesawat Udara Direktorat Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara Kementerian Perhubungan Agustinus Budi Hartono, serta Group CEO Asia Cargo Airlines Marco Isaak yang langsung memesan 1 unit drone Ehang 216.

"Untuk tahun 2022, Indonesia mendapatkan jatah 50 unit Ehang 216. Pemesanan yang masuk hingga saat ini sudah mencapai 40 unit. Selain bisa digunakan untuk transportasi penumpang dan barang, Ehang 216 juga menjadi inovasi solusi bagi penerapan smart city management," pungkas Rudy Salim.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.