Sukses

Zoya Amirin Sambut Baik Aplikasi Anti Kekerasan Seksual

Zoya Amirin menganggap penting aplikasi anti kekeresan seksual.

Liputan6.com, Jakarta Seksolog Klinis Zoya Amirin menyambut baik kehadiran aplikasi anti kekerasan terhadap perempuan bernama Akasia. Zoya Amirin yang juga advisor dari aplikasi www.akasia.app ini memaparkan seseorang yang sedang mengalami kondisi pelecehan seksual secara psikologis memiliki kecenderungan untuk tidak bisa berbuat banyak.

Isu kekerasan terhadap perempuan dan kasus pelecehan seksual hingga saat ini masih menjadi masalah besar di Indonesia. Bertepatan dengan hari anti kekerasan terhadap perempuan, sekelompok penggiat startup tanah air muncul dan melahirkan aplikasi ini.

"Adanya aplikasi ini bertujuan membuat siapa saja yang mempunyai niat untuk melakukan kejahatan seksual menjadi berpikir seribu kali untuk melakukannya. Dengan demikian, masyarakat akan merasa lebih safe namun tetap waspada,” kata Zoya Amirin dalam keterangan tertulisnya, baru-baru ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Diharapkan

Zoya berharap dengan pertumbuhan pengguna internet yang cukup pesat di Indonesia, diharapkan masyarakat juga mau menginstal aplikasi anti kekerasan seksual ini.

Berdasarkan data dari Komnas Perempuan dari Januari hingga September 2021 terdapat 4.000 kasus kekerasan terhadap perempuan di Indonesia. Perempuan merupakan pihak yang selalu dilemahkan dalam kasus ini. Adanya budaya patriarki yang masih dominan di Indonesia membuat banyak perempuan tidak mau speak up saat mengalami kekerasan. Untuk berteriak minta tolong saja biasanya perempuan tidak banyak yang memiliki keberanian.

Problem inilah yang berusaha dijawab oleh aplikasi bernama Akasia. Aplikasi ini memiliki fitur utama bernama "Panic Button".

 

3 dari 4 halaman

Pengalaman

Saat seorang perempuan mengalami kekerasan atau pelecehan seksual di sebuah titik lokasi, yang perlu dia lakukan hanyalah menekan sebuah tombol dari ponselnya. Selanjutnya orang sekitar yang berada dalam radius terdekat yang juga menginstal aplikasi ini akan menerima notifikasi dari titik kejadian. Diharapkan mereka mau dan bisa membantu sang korban pada saat itu.

 

4 dari 4 halaman

Tagline

Aplikasi berbasis komunitas ini memiliki tagline: Saat Darurat Teman Terdekat Siap Merapat. Artinya semakin banyak aplikasi ini diinstall oleh pengguna, semakin besar peluang masyarakat bisa membantu satu sama lain, dan menyelamatkan banyak nyawa dari tindak kejahatan seksual.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.