Sukses

Berkat Buku Bertema Golf dan Bisnis, Penulis Muda Ramses Hardjanto Dapat Piagam Rekor MURI

Buku bertema golf dan bisnis berjudul The Game of Life and How to Win It karya Ramses Hardjanto mendapat apresiasi dari MURI.

Liputan6.com, Jakarta Ramses W. Hardjanto, seorang penulis muda berbakat yang juga punya minat di dunia golf, pada awal Oktober tahun ini merilis buku perdana berjudul The Game of Life and How to Win it.

Menariknya, pada Senin (22/11/2021), Ramses menerima piagam rekor MURI dari Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, bertepatan dengan pembukaan Museum MURI.

Buku karya Ramses ini sangat diapresiasi positif oleh Museum Rekor Indonesia (MURI) yang ditandatangani oleh founder dan Chairman MURI, Prof. Dr HC KP Jaya Suprana di Jakarta pada 26 Oktober 2021.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Memotivasi Masyarakat

MURI memberikan sertifikat pengakuan kepada Ramses lantaran kuatnya memotivasi masyarakat sebagai pegolf di usia belia dan banyak menggali penuturan pengalaman hidup para pegolf profesional dan pebisnis sukses nasional yang dituangkan dalam buku "The Game of Life and How to Win it".

Ramses mengaku bahwa karya yang dia dedikasikan ini adalah sebagai kontribusinya sebagai milenial untuk membantu mengubah pola pikir masyarakat negeri ini menjadi positif dan selalu ingin berjuang maju.

Begitu pun dalam kehidupan. Menurut pemuda yang punya hobi bermain drum dan piano, segala hal yang dilakukan tak selamanya berbuah manis. Ada langkah salah yang akhirnya menghasilkan kegagalan atau ketidaksempurnaan.

"Di golf dan dalam kehidupan, kita sama-sama harus belajar untuk mengelola energi, kesabaran, dan strategi agar bisa beradaptasi dengan segala kondisi dan merencanakan langkah berikutnya. Kita harus lebih fokus agar target kita tercapai sesuai harapan," ungkap Ramses yang juga pendiri Ambassadors of Orphanage, perkumpulan pengajar remaja untuk anak-anak panti asuhan yang tidak mampu secara online.

3 dari 6 halaman

Inspirasi

Ramses bercerita, saat ia bermain golf dan melihat orang lain bermain golf, juara 1 di course Columbia Business School, USA untuk Best Venture Branding 2019 dan Best Venture Pitch 2019 ini pun seperti melihat gambaran kehidupan sehari-hari.

"Saya melihat permainan golf itu sebagai representasi kehidupan. Bagaimana kita memainkan peran kita dalam melakoni kehidupan dan melewati segala rintangan. Sama juga dengan kita melewati setiap “hole” dalam permainan golf. Dan juga, bagaimana kita berusaha untuk bisa menjadi pemenang," kata siswa kelas 13 British School Jakarta ini di apartemen Jakarta Selatan, Rabu (7/10/2021).

"Saat berbicara tentang golf, kita akan berbicara tentang kehidupan. Yaitu bagaimana kita mengatur energi, pola pikir dan sumber daya yang kita miliki agar dapat melewati setiap 'hole' dengan baik. Bagaimana teknik pukulan, focus, dan ketenangan mental yang kita gabungkan agar bisa 'par' atau 'birdie' atau 'eagle'. Kalau beruntung bisa 'hole-in-one'. Atau bagaimana kita harus bersabar tenang dan pantang menyerah saat terjadi 'bogey'," jelasnya memaparkan.

 

4 dari 6 halaman

Para Pembicara

Dalam buku The Game of Life and How to Win it, pemilik situs indofightcorona.com menghadirkan hasil pembicaraannya dengan berbagai tokoh nasional di Tanah Air yang bermain golf. Bukan karena mereka jago bermain golf, tapi karena ada banyak ilmu yang bisa mereka dapatkan selama bermain.

Selain di dalam buku, interview 32 orang public figure ini bisa dilhat di kanal Youtube Tee off with Ramses dan instagram Tee off with Ramses yang telah diolah dengan motivasi dan inspirational quotes untuk menyemangati para kawula muda dalam perjalanan kehidupannya.

Salah satu narasumbernya adalah binaragawan tersohor Ade Rai yang menegaskan bahwa berolahraga golf secara rutin akan memberikan kualitas hidup yang baik. Karena hidup yang baik didapatkan dari pikiran yang baik dan pikiran yang baik itu berasal dari tubuh yang sehat.

Beberapa nama lain di antaranya adalah TP Rachmat, penyanyi Krisdayanti, Viera Rosada, Jessica Lydia, Ritwik Jain, pembalap Rifat Sungkar, Putri Amani, Gritte Agatha, Hariyanto Arbi,Taufik Hidayat, Kevin Mohan, Dennis Campbell, dan masih banyak lagi.

 

5 dari 6 halaman

Hari Sumpah Pemuda

Peluncuran buku dilakukan berdekatan dengan Hari Sumpah Pemuda pada 28 Oktober sebagai pengingat terhadap semangat Sumpah Pemuda agar digelorakan oleh milenial seusia Ramses.

Sehingga generasi sekarang lebih bersemangat dalam hidup serta membangun Indonesia meskipun Ibu Pertiwi masih dirundung Pandemi Covid-19 yang belum usai.

Ramses menyebutkan bahkan apa yang dijalaninya saat bermain golf, bisa diaplikasikan pada masa pandemi Covid ini.

"Dalam golf, saat memukul bola, kita tentunya sudah menargetkan bola itu jatuh dimana atau untuk menyelesaikan hole harus berapa pukulan. Tapi terkadang, apa yang kita harapkan tak terjadi. Malah bola jatuh di pasir. Itu kan sesuatu yang di luar perkiraan. Begitu pula pandemi juga hampir mirip dengan apa yang kita mainkan di golf," ungkapnya.

"Begitu pula kehidupan. Saat pandemi, apakah kita hanya bisa pasrah. Tidak. Sebagai manusia, kita akan berusaha keluar dari kesulitan. Sudah nalurinya, kita akan mempersiapkan rencana cadangan yang disesuaikan dengan kondisi yang kita hadapi. Sama-sama mempersiapkan teknik dan mental untuk melewati masalah," tuturnya.

 

6 dari 6 halaman

31 Tahun MURI

Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI) kini sudah menginjak usia ke-31 tahun. MURI tetap melaksanakan rutinitas dengan kebiasaan baru di tengah pandemi Covid-19. Berbagai perubahan menghasilkan beragam inovasi tanpa menghilangkan esensinya.

Museum Rekor-Dunia Indonesia meresmikan Revitalisasi Galeri MURI Jakarta di LG Floor Mall of Indonesia Jakarta Utara yang hadir untuk mengenalkan MURI kembali melalui pengalaman ruang yang lebih unik dan modern.

Revitalisasi Galeri MURI berlangsung tanpa melupakan akar budaya Indonesia. Galeri MURI Jakarta beroperasi setiap hari pada pukul 10.00 WIB-18.00 WIB yang dibuka untuk kunjungan individu maupun kelompok (maksimal 15 orang).

Selama pandemi, pengunjung wajib menjaga protokol kesehatan dan melakukan registrasi daring melalui info@muri.org atau pesan Instagram @MURI_org, paling lambat 24 jam sebelum waktu kunjungan.

Revitalisasi Galeri MURI Jakarta diresmikan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Dr. H. Sandiaga SalahuddinUno, B.BA., M.B.A. pada Sabtu, 20 November 2021 dan Gubernur Daerah Khusus Ibukota Jakarta, H. Anies Rasyid Baswedan, S.E., M.P.P., Ph.D. pada Senin, 22 November 2021.

Masing-masing pada hari tersebut dihadiri oleh penerima penghargaan MURI. Keberadaan Galeri MURI Jakarta yang telah direvitalisasi mengedepankan komunitas, kolaborasi, dan kemanusiaan yang mengusung filosofi tradisional yang luhur serta saling berkesinambungan menjaga dan melestarikan lingkungan hidup, budaya, dan perekonomian bangsa.

Dengan menggandeng mitra dengan visi misi yang serupa, adanya Galeri MURI diharapkan dapat terus menjadi wadah yang dapat membantu komunitas untuk berkembang dan berinovasi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini