Sukses

Bikin Konten Mistis soal Mendiang Vanessa Angel, YouTuber Ki Soleh Pet Minta Maaf

Sang YouTuber mengaku datang ke lokasi untuk mendoakan mendiang Vanessa Angel dan suami. Mereka juga menuding kontennya dicuri.

Liputan6.com, Jakarta Di tengah suasana duka atas meninggalnya Vanessa Angel dan sang suami, Febri atau Bibi Andriansyah, muncul konten-konten yang bikin darah warganet mendidih. Belum lagi tanah pemakaman pasangan ini kering, kematian mereka sudah dimanfaatkan sejumlah pihak untuk membuat konten mistis.

Salah satunya oleh YouTuber yang menggunakan nama Ki Soleh Pet, bersama rekannya Baks 888.

Kedua YouTuber ini diketahui mengunggah konten berdurasi sekitar 13 menit. Tajuknya "Nekat ! Panggil Arwah Vannesa Angel di Tempat Terjadinya Kecelakaan Tol Jombang." Cuplikannya juga diunggah di TikTok. 

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Warganet Marah

Video tersebut kini sudah tak lagi ditemukan di kanal YouTube Ki Soleh Pet maupun TikTok. Namun jejak digital tak mudah dihapus begitu saja. Warganet sudah "mengamankan" barang bukti dengan membagikan tangkapan layar atau cuplikan video tersebut. 

Dalam petikan video yang beredar, keduanya terlihat mendengarkan suara dari perangkat mirip radio. Mereka menyebut terdengar suara-suara janggal dari perangkat ini, termasuk teriakan wanita dan bunyi mobil.

Komentar pedas ikut diselipkan warganet atas konten ini. 

"Ga paham, ngapain sih bikin kek gini. do they not respect the family left behind?" cuit @vouslavezfaitw di Twitter, yang di-retweet lebih dari 1.300 kali. 

3 dari 5 halaman

Permintaan Maaf

Sabtu (6/11/2021) siang, duo YouTubers ini akhirnya bikin video baru yang berisi permintaan maaf. Durasinya singkat saja, tak sampai tiga menit. 

"Ingin mengklarifikasi dan meminta maaf terkait kejadian konten yang telah kita buat. Dan juga kita selaku dari content creator sebenarnya datang ke tempat lokasi itu untuk mendoakan almarhum dan almarhumah," kata Baks 888. 

4 dari 5 halaman

Sebut Konten Dicuri

"Memang yang terjadi sebenarnya ada video kita yang dicuri atau dicomot sama content creator yang lain di berbagai aplikasi. Sehingga jadi ramai," kata sosok bertopeng ini lagi. 

Mereka juga menyebutkan bahwa konten milik mereka juga telah dihapus, menuruti permintaan warganet.  "Karena untuk menghargai dan menghormati," ujar Baks 888.  

5 dari 5 halaman

Minta Maaf kepada Keluarga Besar

"Jadi kita sekali lagi minta maaf atas kejadian yang sudah terjadi ini, terutama untuk keluarga besar almarhum dan almarhumah. Dan kita juga mengucapkan turut berbelasungkawa atas kejadian kecelakaan, dan mendoakan agar arwah mereka diterima di sisi-Nya" kata mereka.

"Dan mohon maaf juga temen-temen, masyarakat Indonesia yang sekarang ini menyaksikan kita berdua." Mereka kembali berdalih, bahwa kontennya dibuat, dengan tujuan untuk mendoakan korban kecelakaan dan mengungkap apa yang terjadi. 

"Mungkin versinya berbeda. Kalau pihak berwajib mencoba untuk mengungkap sebuah kasus, kita melihat sesuatu halnya itu melalui sesuatu yang berbeda. Jadi tujuannya ke sana, tidak menjelekkan juga. Kita niatnya baik tapi hanya saja memang momennya kurang pas," tutur mereka, sambil minta maaf lagi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.