Sukses

Daniel Mananta Alami Depresi Memiliki Penyakit Seperti Adele

Liputan6.com, Jakarta - Daniel Mananta, sempat dikenal sebagai VJ MTV yang kerap mewawancarai banyak musikus Tanah Air. Ketenaran Daniel pun tak beda dengan mereka.

Namun ada hal yang tak mengenakan yang dirasakan Daniel. Ia juga terkena penyakit yang kerap dirasakan banyak penyanyi, seperti Celine Dion, Adele, bahkan mendiang Whitney Houston.

Hal itu diungkapkan Daniel Mananta, saat menjadi bintang tamu di podcast Anang Hermansyah yang ditayangkan di kanal YouTube Ngobrol Asix, 18 September 2021 lalu.

 

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 7 halaman

Nodul

Daniel Mananta, menderita nodul yaitu tumor jinak yang ada di pita suara.

"Di tahun 2012, Mas Anang sebagai seorang penyanyi pasti tahu banget yang namanya nodul, yaitu tumor jinak. Ari Lasso juga ada nodul, Agnez juga sempat. Celine Dion, Whitney Houston, Adele, Sam Smith mereka sempat kena nodul," paparnya.

 

3 dari 7 halaman

Suara Tak Balik

Daniel Mananta, sempat cuek dengan penyakit yang dideritanya. Namun setelah sebulan tak juga kunjung sembuh barulah ia mengecek kesehatan.

"Saat itu gue kehilangan suara gue. Seminggu, sebulan kenapa suara gue belum balik? Dua bulan suara enggak balik-balik, begini terus (serak). Akhirnya gue cek ke dokter THT," lanjutnya.

"Gue dioperasi, amandel gue juga dioperasi. Terus gue tanya ke dokter sebelum operasi, 'Dok, suara saya kapan balik?' 'Kenapa emangnya?' 'Tiga minggu lagi saya nge-job'. Selama tiga minggu gue diem, gue enggak ngomong sama sekali," sambungnya.

 

4 dari 7 halaman

Kehilangan Identitas

Rupanya, lewat dari tiga minggu suara pria kelahiran Jakarta, 14 Agustus 1981 ini belum juga kembali normal. Ia merasakan kehilangan identitas.

"Setelah tiga minggu gue pergi dong nge-job, di situ suara gue belum juga balik. Di situ bukan cuma kehilangan suara tapi juga identitas karena saat itu gue udah jadi presenter yang terkenal, dan siapakah diri gue kalau bukan presenter terkenal lagi," bebernya.

 

5 dari 7 halaman

Depresi

Lantaran itu, Daniel merasakan Depresi. Ia tak mau keluar rumah.

"Gue bener-bener depresi banget. Begitu bangun tidur, gue tutup lagi muka gue dengan selimut, gue enggak mau keluar rumah. Gue mendingan di rumah banget, karena gue malu misalkan keluar suara gue enggak ada orng-orang akan mencemooh," sambungnya.

 

6 dari 7 halaman

Berjalan ke Arah Tuhan

Daniel Mananta merasakan tak memiliki siapa-siapa yang bisa menyelamatkan dirinya, akhirnya ia pun mencoba mendekatkan diri kepada Tuhan.

"Akhirnya di tahun 2012 itu juga, gue merasa biarkan nyokap bokap gue sayang banget sama gue, ketika gue mengalami masalah yang enggak bisa dia sendiri enggak punya solusinya, ketika uang yang selama ini gue kumpulin enggak bisa menyelamatkan gue. Akhirnya gue ke mana? Ke Tuhan. Dan di situ mulai membalikan badan gue ke Tuhan, untuk berjalan melangkah menuju ke arah Tuhan," tambahnya.

 

7 dari 7 halaman

Menangis

Saat Daniel Mananta didoakan seseorang, ia tak menampik bahwa dirinya menangis.

"Setelah didoakan tersebut, gue masuk mobil 'Yah suara gue masih belum balik'. Tapi enggak tahu kenapa hati gue merasa damai banget. Ternyata yang terjadi, saat gue didoain yes gue belum mengalami kesembuhan secara fisik, tapi gue udah mengalami kesembuhan secara spiritual," bebernya.