Sukses

Kata Buya Yahya Terkait Anjuran Puasa 1 Muharam Sambut Tahun Baru Islam

Terkait anjuran puasa 1 Muharam begini kata Buya Yahya.

Liputan6.com, Jakarta Tahun baru Islam 1443 Hijriah jatuh pada 10 Agustus 2021. Di bulan yang penuh berkah ini, Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wassalam menganjurkan umatnya untuk menjalani ibadah sebaik-baiknya termaksuk berpuasa.

Namun apakah ada anjuran puasa 1 Muharam seperti yang beredar di masyarakat. Mengenai hal tersebut, Buya Yahya menjawabnya.

"Ini jelas, bohong riwayat semacam itu. Wong, awal tahun dan akhir tahun itu ada pada zaman Sayyidina Umar bin Khattab ra. Bukan pada zaman Nabi SAW," kata Buya Yahya dikutip dari kanal YouTube Al-Bahjah TV, Senin (9/8/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Anjuran Puasa

Menurut Buya Yahya banyak hadis yang menjelaskan untuk berpuasa di 1 Muharam. Namun hadis tersebut  tidak sahih sehingga tidak harus dijalani..

"Puasa yang paling bagus setelah Ramadhan adalah puasa di bulan Muharam. Ini sudah cukup. Nggak usah pakai riwayat-riwayat palsu. Riwayat-riwayat aneh," katanya.

3 dari 4 halaman

Puasa Asyura

Puasa yang paling dianjurkan di bulan Muharam kata Buya Yahya, adalah pada 10 Muharam atau dikenal dengan puasa Asyura. Bahkan sehari sebelumnya ia pun menyarankan untuk berpuasa.

"Lebih hebat lagi kalau anda tambah (puasa) tanggal 9 Muharram," katanya.

4 dari 4 halaman

Jangan Mengatasnamakan Nabi

Buya Yahya menegaskan boleh kapan saja berpuasa, namun jangan menisbatkan puasa 1 Muharam adalah anjuran Nabi Muhammad. Sebab tidak ada hadis yang sahih yang menjelaskan hal tersebut.

"Boleh saja asalkan jangan ngomong Rasulullah menganjurkan begini, enggak boleh menisbatkan ke Nabi," kata Buya Yahya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.