Sukses

Ingin Masuk Surga, Jangan Lupa Membaca Ayat Kursi Setelah Salat

Inilah keistimewaan membaca Ayat Kursi setelah salat wajib.

Liputan6.com, Jakarta Setelah melaksanakan salat wajib, kita dianjurkan untuk beristigfar dan berzikir kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala. Bahkan tak sedikit hadis yang menjelaskan tentang manfaat berzikir setelah salat. Salah satunya tentang membaca Ayat Kursi.

Ayat ke-255 dari surah Al-Baqarah ini dianjurkan untuk dibaca setiap salat, karena mengandung beberapa keistimewaan dan keutamaan. Syekh Ali Jaber menjelaskan hal ini dalam salah satu ceramahnya.

Dari Abu Umamah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ قَرَأَ آيَةَ الكُرْسِيِّ فِي دُبُرِ كُلِّ صَلاَةٍ مَكْتُوْبَةٍ لَمْ يَمْنَعْهُ مِنْ دُخُوْلِ الجَنَّةِ اِلاَّ اَنْ يَمُوْتَ

“Siapa membaca ayat Kursi setiap selesai shalat, tidak ada yang menghalanginya masuk surga selain kematian.” (HR. An-Nasai dalam Al Kubro 9: 44. Hadits ini dinyatakan shahih oleh Ibnu Hibban, sebagaimana disebut oleh Ibnu Hajar dalam Bulughul Maram)."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Setelah Salat

Untuk itu Syekh Ali Jaber mengingatkan agar jangan terburu-buru menjalani aktivitas kembali setelah salat. Sisihkan waktu beberapa menit untuk berzikir dan membaca Ayat Kursi.

"Saya sering mengingatkan jamaah. Apa pun kesibukannya, buru-buru, ada meeting, janji tidak bisa bertahan lama di musala atau masjid paling tidak habis istigfar, Allahuma antassalam wa mingkasalam sampai selesai,langsung Ayat Kursi. Habis itu silahkan bubar (pergi) bebas," kata Syekh Ali Jaber.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.