Sukses

Komedian Kirun Terima Bantuan Sembako dari Gus Muhaimin, Bakal Disalurkan ke Padepokan Seni di Jawa Tengah dan Jawa Timur

Sejumlah padepokan seni di wilayah Jawa tengah dan Jawa Timur mendapat bantuan dari Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Abdul Muhaimin Iskandar.

Liputan6.com, Jakarta Komedian Kirun menerima bantuan paket sembako dari Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Abdul Muhaimin Iskandar alias Gus Muhaimin. Bantuan tersebut diterima pelawak Kirun di Padepokan Seni Kirun yang berada di Madiun, Jawa Timur pada 6 Agustus 2021.

Kirun memaparkan, bantuan yang diterimanya dari Gus Muhaimin berupa 300 paket sembako. Nantinya, paket sembako yang diterima oleh Kirun langsung didistribusikan kepada pelaku seni di kawasan Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Pendiri Padepokan Seni Kirun (PadSKI) ini memilih sejumlah padepokan seni, diantaranya: Ludruk Irama Muda (Ponorogo), Ludruk Suromenggolo (Magetan), Sanggar Griya Seni Kasunarnan (Surakarta), serta seniman Karawitan individu.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Membantu Pelaku Seni

Menurut Kirun, bantuan Gus Muhaimin sangat membantu para pelaku seni yang sejak awal pandemi mengalami kesulitan ekonomi. Aktifitas panggung seni terhenti sejak virus corona memasuki Indonesia sejak awal tahun 2020.

"Semua terdampak Covid-19. Satu grup karawitan 25 orang, belum ludruk, belum yang campursari, belum seniman, belum penyanyi, pelukis, teater, tukang sound, tukang panggung semua berhenti total," Kirun menyampaikan.

 

 

 

 

 

 

3 dari 5 halaman

Bantuan Kedua

Bantuan yang diberikan PKB terhadap para seniman melalui Kirun sudah berlangsung sebanyak dua kali. Pemberian bantuan pertama, kata Kirun, dilakukan di awal-awal pandemi Covid-19.

"Awal pandemi kurang lebih ada 2000 paket. Lalu periode ini saya matur DPP dikirim 300 paket, isinya besar 2 liter, mi instan, kecap, sarden minyak dan gula," Kirun menjelaskan.

 

 

4 dari 5 halaman

Apresiasi

Kirun memberikan apresiasi sekaligus ucapan terima kasih sebesar-besarnya terhadap kepedulian PKB dan Gus Muhaimin. Pelaku seni, khususnya yang berada di area Jawa Tengah dan Jawa Timur, sangat membutuhkan perhatian di masa pandemi seperti saat ini.

"Maturnuwun Gus Muhaimin dan teman-teman DPP PKB. Tetap semangat, mantap, kuat dan sehat. Kalau DPP ada beras dan sembako, padepokan seni Kirun siap mendistribusikan," dia menyambung.

 

5 dari 5 halaman

Berharap Kondisi Segera Pulih

Kirun berharap pemerintah bisa menekan laju penularan virus corona di Indonesia demi kehidupan masyarakat yang kembali normal.

"Kalau normal, petani bisa panen, laju perekonomian pulih, keamanan kondusif, pendapatan PKL, semuanya orang pulih, ada uang, ada panen, ada ekonomi, tentunya kesenian juga pulih, berarti banyak yang ngundang,” Kirun mengakhiri diselingi candaan khasnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.