Sukses

Jeff Smith Belum Direhabilitasi tapi Rawat Jalan dan Masih di Rutan, Ini Alasannya

Liputan6.com, Jakarta Jeff Smith sempat mengajukan asesment ke Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP). Setelah menjalani pemeriksaan, hasilnya pemilik nama lengkap Mark Jeffery Smith direkomendasi menjalani rehabilitasi terkait kasus narkoba yang menjeratnya.

Apalagi dalam kasus ini, kekasih Aisyah Aqilah adalah korban penyalahgunaan narkoba yang seharusnya mendapatkan perawatan di pusat rehabilitasi. Ditambah, barang bukti yang ditemukan tidaklah banyak.

"Karena kalau kita mengacu pada surat edaran Mahkamah Agung nomor 4 tahun 2010 bahwa penyalahgunaan itu wajib direhabilitasi dan tadi melihat fakta persidangan bahwa barang bukti yang ditemukan hanya 0,3 gram," kata kuasa hukum Jeff Smith, Aldi Surya Kusumah, di Pengadilan Negeri Jakarta Barat, Rabu(28/7/2021)

2 dari 4 halaman

Rawat Jalan

Namun hingga kini, kekasih Aisyah Aqilah belum menjalani rehabilitasi. Aldi Surya Kusumah kuasa hukum Jeff Smith mengatakan bahwa kliennya hanya menjalani rawat jalan dan tetap berada di Rutan Polda Metro Jakarta Barat.

"Karena kalau pasal 127 itu substansi pasal tunggal itu bisa langsung direhab di sana. Karena di sini ada menguasai barang, ada pasal 111. Maka perlu ada penahanan. Jadi tetap rehabilitasi itu bentuk ya pemidanaan rehabilitasi. Tapi nanti kita lihatlah hasilnya yang terbaik seperti apa," kata Aldi.

3 dari 4 halaman

Penangkapan

Diketahui Jeff Smith diamankan Satuan Narkoba Polres Jakarta Barat pada 15 April 2021 di kawasan Jagakarsa, Jakarta Selatan. Tak sendiri, Jeff Smith ditangkap bersama temannya berinisial D di dalam mobil.

4 dari 4 halaman

Positif Ganja

Dalam peanngkapan tersebut polisi berhasil mengamankan ganja dari tangan Jeff Smith. Saat menjalani pemeriksaan test urine hasilnya juga menyatakan dirinya positif ganja.