Sukses

Weni Wen DA3 Keluar dari Zona Nyaman, Ekspresikan Kesedihan Dalam Bahasa Jawa

Weni Wen, alumni Dangdut Academy Indosiar musim ketiga, menggandeng Lik Dahlan dan Bayu Onyong, musisi peraih AMI Awards.

Liputan6.com, Jakarta Masih ingat Weni Wen? Alumni Dangdut Academy Indosiar musim ketiga alias DA3 ini sudah punya penggemar tersendiri. Akun Instagram terverifikaisnya diikuti 1,3 juta orang.

Sebuah single telah dirilis dan disambut hangat pencinta musik Indonesia khususnya dangdut. Tahun lalu misalnya, ia melepas lagu “Biarkan Ku Sendiri.” Kini Weni Wen keluar dari zona nyaman.

Pedangdut bernama asli Weni Wahyuni ini mengekspresikan kesedihan mendalam dalam bahasa Jawa lewat singleTilasan.” Lagu ini ditulis oleh Lik Dahlan. Aransemennya ditangani Bayu Onyong.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Proses Ringkas

Weni Wen menyatakan, rekaman di tengah pandemi Covid-19 didukung kemajuan teknologi membuat prosesnya berlangsung singkat. Meski demikian, ia tak menyepelekan setiap detailnya.

“Proses produksi singkat. Tapi kuncinya menurut saya kesungguhan dalam proses rekam suara sehingga hasilnya di luar ekspektasi,” kata Weni dalam siaran pers yang diterima Showbiz Liputan6.com, Kamis (8/7/2021).

3 dari 5 halaman

Karakter dan Citra

“Bagi penikmat musik yang sudah kenal karakter dan citra saya, bisa dibilang ini kejutan. Saya mencoba keluar dari zona nyaman,” penyanyi kelahiran Pontianak, 3 Maret 1992, menambahkan.

Menyampaikan curahan hati dalam bahasa Jawa nyatanya bukan perkara gampang. Weni Wen kemudian menyebut sejumlah persiapan demi “Tilasan,” sebelum masuk ke studio rekaman.

4 dari 5 halaman

Belajar Bahasa Jawa

“Untuk membawakan lagu ini saya harus mempelajari Bahasa Jawa dengan penyebutan atau pelafalan yang tepat, sedangkan saya, kan bukan dari Jawa,” papar Weni Wen panjang.

Tak hanya pelafalan, Weni juga harus bisa memberi rasa mengingat penyanyi adalah story teller alias penyampai cerita. Rasa mutlak dibutuhkan agar pendengar bisa “mencicipi” kesedihan “Tilasan.” 

5 dari 5 halaman

Dukungan Danang

Weni Wen mengumumkan single baru tilasan di Instagram. “Tinggal besok nih, single exclusive aku bersama @jooxid 'Tilasan’ bakalan release,” beri tahunya seraya mengunggah cuplikan lagu “Tilasan.”

Pengumuman ini disambut rekan artis dan fans. “Mentokin! Mentokin!” seru Danang D’Academy di kolom komentar. “Kedengaran dari dari petikan gitarnya pasti ad unsur rocknya nggak sabar nih,” @akmal_akz_02 menyahut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.