Sukses

Dinda Hauw Ungkap Alasan Memilih Operasi Caesar Ketimbang Melahirkan Normal

Dinda Hauw mengaku malu karena merasa kuat bisa melahirkan secara normal, tapi ternyata tidak bisa.

Liputan6.com, Jakarta - Dinda Hauw baru saja melahirkan bayi laki-laki pada Minggu (20/6/2021). Dinda dan Rey Mbayang sepakat untuk memberikan nama bayi mereka Arshakalif Muhammad Mbayang.

"ALHAMDULILLAH Telah lahir putra pertama kami ARSHAKALIF MUHAMMAD MBAYANG Bb : 3045 g, Pb : 48,5 cm, jam : 13:28," tulis personel kelompok musik ADAM, dengan mengunggah video tengah menggendong sang buah hati, pada hari yang sama.

Bintang Surat Kecil untuk Tuhan ini mengaku banyak yang menanyakan alasannya memilih operasi caesar, padahal ia menginginkan melahirkan secara normal.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Beri Penjelasan

Melalui akun Instagram terverifikasi miliknya, Senin (21/6/2021), Dinda Hauw memberi penjelasan memilih caesar.

"Jadi.. hari jumat pagi tiba2 pas bangun tidur ada rembesan air di kasurku, ga banyak tapi cukup buat panik..," tulisnya.

 

3 dari 8 halaman

Air Ketuban Masih Cukup

Di hari yang sama, Dinda Hauw memiliki jadwal untuk konsultasi kehamilannya.

"Pas bgt hari itu jadwal konsul aku ke dokter @agrianasusilo lgsg lah di cek usg disitu terlihat air ketubanku masih cukup, belum ada tanda pembukaan juga dan udah dicek pake lakmus tapi tidak terlihat bahwa itu cairan ketuban," lanjutnya.

 

4 dari 8 halaman

Keluar Cairan

Usai berkonsultasi, Dinda Hauw dan suami memutuskan untuk menunggu di rumah sakit.

"Dini hari jam 2 dan jam 5 subuh tiba2 keluar cairan bening lagi tapi ga sampe ke kasur.. akhirnya aku lgsg chat dokter lagi , dan dokter tanya aku untuk ke igd biar segera di cek lebih dalam..," sambungnya.

 

5 dari 8 halaman

Beda Gerakan

Tak hanya itu, Dinda Hauw juga merasakan gerakan yang beda pada janinnya.

"Perasaan aku hari itu emg udh agak beda dan gerakan janin di perut juga ga begitu aktif kayak biasanya..Akhirnya aku memutuskan ke RS lagi di malemnya.. aku di CTG dan USG..," tambahnya.

 

6 dari 8 halaman

Menurun

Dan benar saja, Dinda Hauw mengalami kekurangan air ketuban dalam waktu satu hari saja.

"Aku lgsg di cek lebih dalam dan ternyata benar bahwa rembesan dari kemarin itu adalah air ketuban.. :”)," ujarnya.

 

7 dari 8 halaman

24 Jam

Malam itu juga Dinda Hauw, diberi pilihan oleh dokter untuk melahirkan secara normal.

"Akhirnya malem itu juga dokter kasih pilihan aku untuk di induksi kalo mau lahiran normal tapi dengan syarat batas waktu 24jam.. Induksi pertama aku bisa melewati, walaupun hanya sampe di pembukaan 1, setelah 6 jam aku di induksi lagi yg ke 2 tapi ternyata pembukaan nya cuma naik sedikit ke 2… dan setelah 6 jam lagi aku tetep coba lagi untuk induksi yang ke 3…Aku kira “ Bismillah ini sakit nya luar biasa siapa tau udah pembukaan 5/6 nih… “Ternyata… dugaanku salah hehe aku yang lemah ini akhirnya hanya bertahan di Induksi ketiga dengan pembukaan 3," ceritanya.

 

8 dari 8 halaman

Berat Hati

Walau dengan berat hati, akhirnya Dinda Hauw dan Rey Mbayang memutuskan untuk melahirkan secara caesar.

"Aku dan suami sepakat dengan berat hati memutuskan SC , kalo aku lanjut pun resiko terhadap bayi ku pun cukup besar… :)Sedih.. dan malu banget sama diriku sendiri.. karna awalnya aku ngerasa udah cukup usaha dan bisa normal… Tapi mau gimana.. aku sadar kita sebagai manusia hanya bisa berusaha dan berdoa… selebih nya Allah yang menentukan..," ia mengakhiri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.