Sukses

Kondisi Terkini Abdul Hamid Alias Pak Ogah: Ada Batu di Empedu, Ginjal Dan Saluran Kencing

Liputan6.com, Jakarta Abdul Hamid, seniman yang dikenal sebagai Pak Ogah dalam serial legendaris Si Unyil jatuh sakit. Ia mengidap penyumbatan pembuluh darah otak di dua sisi hingga susah bicara dan mengingat.

Istri Pak Ogah, Yuyun Widayanti, menuturkan kepada Baim Wong, pemeriksaan medis terakhir menguak sejumlah gejala dan penyakit penyerta yang memperburuk keadaan suaminya.

“Dia pusing. Terus kalau pusing itu dadanya berdebar-debar sampai kuat banget begitu. Terus kalau ada orang gitu, padahal kan agak kurang dengar kupingnya, tapi kalau sudah kambuh, ada orang lewat itu jalan saja dia bilang berisik,” terang Yuyun Widayanti terkait Pak Ogah sakit.

2 dari 5 halaman

Ada Batu di Empedu

Seolah tak sanggup lagi menahan sakit, beberapa kali Pak Ogah saat dijenguk Baim Wong, mengaku sudah lelah. Saking lelah, mau meninggal saja susah. Baim mencoba menenangkan.

Yuyun kemudian membeberkan sejumlah penyakit penyerta, yakni “Ada batu di empedu, ada batu di ginjal. Ada batu juga di saluran kencingnya. Agak parah juga. Ini pun parah.”

3 dari 5 halaman

Pak Ogah Minta Pulang

Terkait penyakit ini, Pak Ogah menjalani perawatan di rumah sakit menggunakan fasilitas BPJS. Kelas kamar dinaikkan atas bantuan seseorang yang tak diketahui identitasnya.

“Pak Ogah minta pulang saat dirawat di rumah sakit karena merasa tak mampu bayarnya. BPJS kan dari kelas 3 itu dia pindah, akhirnya ada (yang membayari) enggak tahu siapa,” kata Yuyun.

 

4 dari 5 halaman

Romantika BPJS

Sudah dua kali Yuyun ditolong orang tak dikenal. Ini kami lansir dari video Pak Ogah Sedih Lihat Paula Bener2 Datang Jenguk Pak Ogah di kanal YouTube Baim Paula, Sabtu (19/6/2021).

Yuyun lantas mencoba melacak identitas si penolong. “Dari BPJS enggak tahu siapa, sudah dua kali ini naik (kelas kamar) tapi enggak bayar,” ungkap Yuyun. “Enggak tahu deh, karena kita enggak bayar maksudnya kemarin dua kali (dirawat),” imbuhnya. 

5 dari 5 halaman

Kali Pertama Tersiar

Kabar kondisi kesehatan Pak Ogah memburuk kali pertama tersiar pada Mei 2021. Kala itu, seorang warganet mengomentari foto Pak Ogah yang diunggah di Instagram pada Juni 2018.

Akun @mputokehbgt menyebut Pak Ogah mengalami penyakit penyumbatan pembuluh darah pada otak kiri dan kanan. “Kondisi keuangan beliau saat ini juga untuk membiayai pengobatan beliau sangatlah minim,” cuitnya.