Sukses

Lebaran Ustaz Guntur Bumi, Berawal dari Sungkeman Diakhiri dengan Saweran Bagi-Bagi Uang

Apa kabar Ustaz Guntur Bumi?

Liputan6.com, Jakarta - Apa kabar Ustaz Guntur Bumi? Pendakwah yang pernah terlibat kasus penipuan pengobatan medio 2014 silam ini rupanya masih eksis berdakwah. Suami Puput Melati ini banyak mengunggah aktivitas berceramah ke sejumlah tempat di akun Instagramnya.

Pendakwah yang karib disapa UGB ini juga sibuk berdakwah melalui saluran YouTube. Pria yang kini menyebut dirinya sebagai Doktor Psikologi Zikir Islam Al Qur'an dan Tafsir rutin membagikan kajian Islam tentang berbagai tema.

Di edisi Idul Fitri 2021, Ustaz Guntur Bumi memanfaatkan momen tersebut untuk berkumpul dengan keluarganya. Melalui Instagram, ia membagikan video aktifitas bersama istri dan anak-anaknya di hari Lebaran.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Sungkeman

Dalam video tersebut, terlihat Ustaz Guntur Bumi melakukan sungkeman dengan keluarganya. Dimulai dari Puput Melati yang memohon maaf kepada Ustaz Guntur Bumi melalui sungkeman disusul kemudian anak-anaknya.

"LATIHAN BARADAB & BERAKHLAQ BAIK ADAT SUNGKEMAN IDUL FITRI," tulis Ustaz Guntur Bumi, 14 Mei 2021.

3 dari 5 halaman

Saweran

Yang menarik, setelah prosesi sungkeman, Ustaz Guntur Bumi langsung membagikan uang kepada istri dan anak-anaknya. Ini diistilahkan Ustaz Guntur Bumi dengan sebutan saweran.

"SUNGKEMAN BAROKAH SAWERAN BAROKAH," tulis dia.

4 dari 5 halaman

Makna Saweran

Di akhir tulisannya, Ustaz Guntur Bumi menerangkan makna saweran yang dilakukannya kepada keluarga usai sungkeman di hari Lebaran.

"BUKAN NILAINYA MATA UANG DALAM SAWER, TAPI SEBAGAI MOTIVASI SEMANGAT IBADAH ANAK,ISTRI,KELUARGA,DAN BERBAGI HARI KEMENGAN PERANG BESAR MELAWAN HAWA NAFSU DUNIA," dia menjelaskan.

5 dari 5 halaman

Reaksi Warganet

Apa yang dilakukan Ustaz Guntur Bumi dengan memberikan sawean usai sungkeman terhadap istri dan anak-anaknya dipuji warganet.

"UGB romantis euy .sehat selalu bang salam dari ngawi jawatimur," tulis akun @muhammad_sucipto92

"Masya Allah, bahagiax melihat keluarga ini, semoga SAMAWA hingga ke janna pak ustadz, aamiin🤲 Selamat hari raya Idul Fitri, Mohon Maaf lahir batin," tulis akun @yuliati441

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.