Sukses

Aktor Christopher Plummer Meninggal Dunia, Peraih Piala Oscar Tertua Dalam Sejarah Sinema

Christiopher Plummer meninggal di usia 91 tahun. Ia adalah aktor tertua peraih Piala Oscar lewat film Beginners.

Liputan6.com, Jakarta Kabar duka datang dari Hollywood, pada Jumat (5/2/2021) malam waktu Indonesia. Aktor Christopher Plummer meninggal dunia. Manajer sekaligus sahabat, Lou Pitt mengonfirmasi.

Melansir dari Deadline, Lou yang menjadi pasangan selama 46 tahun menyampaikan, bahwa bintang film The Sound of Music dan Beginners meninggal dunia di rumahnya, Connecticut, AS.

Elaine Taylor yang menjadi istrinya selama 53 tahun, mendampingi aktor peraih Piala Oscar itu pada detik-detik terakhir. Pihak keluarga tak menjelaskan detail terkait penyebab kematian Christopher Plummer.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Mencintai dan Menghormati Profesi

Mewakili keluarga, Lou menyampaikan keterangan resmi dengan berujar, “Chris pria luar biasa yang sangat mencintai dan menghormati profesinya dengan santun.”

Menurutnya, aktor kelahiran Kanada, 13 Desember 1929, ini dikenal memiliki selera humor tinggi. Tak jarang humornya menertawakan diri sendiri. Christopher Plummer dipandang sebagai aset negara.

 

3 dari 5 halaman

Aset Nasional

“Dia adalah aset nasional yang sangat berpijak pada akar sebagai kelahiran Kanada. Melalui seni dan kemanusiaan, dia menyentuh semua hati kita,” Lou menambahkan.

Christopher Plummer meraih Piala Oscar dan sejumlah peran utama layar lebar justru di masa tua. “Kehidupan legendarisnya akan bertahan dan jadi suri teladan untuk generasi berikutnya. Dia akan selalu bersama kita,” tutupnya.

 

4 dari 5 halaman

Debut di Dunia Seni Peran

Christopher Plummer debut di dunia seni peran tahun 1953 lewat serial General Motors Presents. Ia mendunia setelah tampil dalam drama musikal legendaris peraih 5 Piala Oscar, The Sound of Music (1965).

Tahun 2010, ia meraih nominasi Oscar pertama lewat peran Tolstoy dalam The Last Station. Dua tahun kemudian, ia menggenggam Piala Oscar Pemeran Pendukung Pria Terbaik dalam Beginners

5 dari 5 halaman

Tertua dalam Sejarah Sinema

Kemenangan ini menempatkannya sebagai aktor tertua peraih Oscar dalam sejarah, di usia 82 tahun. Rekor ini sebelumnya dipegang Jessica Tandy yang tampil ciamik dalam Driving Miss Daisy.

Pada 2018, Christopher Plummer dinominasikan komite Academy Awards, untuk perannya di All The Money in the World. Yang ini pun rekor. Ia menjadi nomine tertua di bidang akting dalam sejarah dunia, di usia 88 tahun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.