Sukses

Drakor Mr Queen Dianggap Hina Sejarah Korea, Tim Drama Bersuara

Akhirnya ada bagian dari drama Korea Mr Queen yang dihapus.

Liputan6.com, Seoul - Drama Korea Mr Queen yang hadir di tvN sejak 12 Desember lalu sukses menarik perhatian publik. Bahkan episode perdananya tercatat sebagai premier dengan rating tertinggi kedua dalam sejarah tvN.

Kini, drama yang dibintangi Shin Hye Sun dan Kim Jung Hyun ini kembali menjadi buah bibir. Namun dengan alasan yang kurang mengenakkan. 

Diwartakan Soompi, Rabu (16/12/2020), banyak suara sumbang tentang Mr Queen. Yang pertama mengenai penulis cerita aslinya. 

Drakor Mr Queen diadaptasi dari web drama China bertajuk Go Princess Go, yang diangkat dari sebuah novel. Penulis novel ini, sempat membuat komentar negatif mengenai Korea di karyanya yang lain.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Soal Komedi

Hal lain yang dipermasalahkan publik, adalah muatan komedi dalam drama ini. Meski ada kalangan yang memahami bahwa genre Mr Queen adalah fantasi-komedi, tapi ada yang berpendapat bahwa hal ini tak seharusnya dilakukan karena karakternya berbasiskan tokoh nyata. 

 

3 dari 6 halaman

Jirashi

Hal lain yang dipermasalahkan, adalah dialog dalam episode kedua. Di situ, terdapat dialog yang menyebutkan Rekaman Sejarah dari Dinasti Joseon sebagai "cuma jirashi."

Sekadar informasi, Rekaman Sejarah dari Dinasti Joseon adalah catatan tahunan dari dinasti ini, yang dianggap sebaga kekayaan bangsa ke-151 Korea. Catatan ini terdiri dari 1.893 volume, yang juga terdaftar sebagai Memory of the World di UNESCO. 

Sementara jirashi adalah selebaran yang berisi desas-desus, informasi pribadi yang tak diketahui kebenarannya. 

4 dari 6 halaman

Tidak Mengetahui

Pihak drama langsung memberikan pernyataan resmi terkait kontroversi ini. Yang pertama mengenai penulis adaptasi novel yang berkomentar negatif soal Korea. 

Pihak drama menyatakan Mr Queen merupakan remake dari drama Go Princess Go, bukan novel dari penulis yang dipermasalahkan. "Selain itu, saat membuat kontrak, kami tidak mengetahui komentar negatif tentang Korea di karyanya yang lain, Princess Amity, oleh novelis yang menulis cerita asli yang menjadi basis Go Princess Go," tutur perwakilan drama. 

5 dari 6 halaman

Minta Maaf

Pihak drama juga meminta maaf karena rasa kurang nyaman yang timbul saat penonton menyaksikan Mr Queen, dan memastikan akan menghapus dialog terkait Rekaman Sejarah dari Dinasti Joseon. 

Mereka juga menegaskan tak berniat untuk mengangkat para tokoh sejarah secara negatif. 

"Karena Mr Queen adalah drama bergenre "campuran sejarah fantasi dan komik", kami meminjam sejumlah tokoh dan latar dalam sejarah, tapi itu adalah fiksi yang diangkat dari kerja kreatif, yang tercetus dari pertanyaan 'Apa yang terjadi bila jiwa dari dunia modern bertemu dengan tokoh nyata dan menimbulkan gelombang?" ujar jubir drama. 

6 dari 6 halaman

Ratu Joseon Kerasukan Ruh Chef

Mr Queen sendiri berkisah tentang seorang chef pria dari Istana Kepresidenan Republik Korea Blue House, yang jiwanya merasuk ke raga ratu zaman Joseon, Kim So Yong ( Shin Hye Sun).

Celakanya, Kim So Yong yang asli hendak menikah dengan Raja Cheoljong (Kim Jung Hyun), yang dari luar terlihat lemah dan tak kompeten, meski watak aslinya lebih kuat dan cerdas. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Drama korea atau sering disingkat drakor di Indonesia, acara televisi yang diproduksi di rumah pertelevisian di Korea.

    drama Korea

  • Drakor adalah singkatan dari drama korea, acara televisi yang diproduksi di rumah pertelevisian di Korea.

    drakor

  • Kim Jung Hyun adalah aktor yang berasal dari Korea Selatan. Dia memerankan drama tvN berjudul Crash Landing on You.

    Kim Jung Hyun

  • Mr. Queen

  • tvN