Sukses

6 Film Box Office Shah Rukh Khan yang Ulang Tahun ke-55, Nomor 2 Romantis Sepanjang Masa

Raja film Hollywood, Shah Rukh Khan, merayakan ulang tahun ke-55, Senin (2/11/2020). Yuk, kita telusuri lagi rekam jejaknya di layar lebar.

Liputan6.com, Jakarta Shah Rukh Khan, siapa tak kenal Raja Film India ini? Bahkan yang bukan pencinta film India pun kemungkinan besar pernah mendengar nama dan mengenali wajah sang megabintang.

Senin (2/11/2020), Shah Rukh Khan berulang tahun ke-55. Debut di dunia seni peran sejak 1988 lewat serial televisi Dil Dariya, kiprah Shah Rukh Khan tak terbendung hingga kini.

Merayakan ulang tahun Shah Rukh Khan, laporan khas Showbiz Liputan6.com menyajikan 6 film terbaik Shah Rukh Khan. Tak mudah memilih enam dari hampir 100 judul, semoga Anda berkenan. Tonton lagi, yuk? 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Dilwale Dulhaniya Le Jayenge (1995)

Inilah film yang mengubah wajah karier sineas Aditya Chopra untuk selamanya. Pun menjadi babak penting bagi karier Shah Rukh Khan. Dilwale Dulhania Le Jayenge yang menyatukan Shah Rukh Khan dan Kajol ini panen pujian kritikus.

Ia masuk daftar 1001 Movies You Must See Before You Die. Lebih dari itu, Institut Film Inggris menempatkan Dilwale Dulhania Le Jayenge di urutan ke-12 dalam daftar Film Terbaik India Sepanjang Masa.

3 dari 7 halaman

2. Kuch Kuch Hota Hai (1998)

Kuch Kuch Hota Hai debut penyutradaraan Karan Johar yang membuat kariernya meroket. Trio Shah Rukh Khan, Kajol, dan Rani Mukerji ikut tenar. Dirilis Oktober 1998, Kuch Kuch Hota Hai film romantis sepanjang masa dengan laba kotor tertinggi pada tahunnya dan ketiga dalam sejarah.

Di ajang Filmfare Awards, Kuch Kuch Hota Hai satu-satunya yang meraih piala di empat kategori akting (Pemeran Utama Pria dan Wanita Terbaik, juga Pemeran Pendukung Pria serta Wanita Terbaik). Dua dekade kemudian, rekor ini diikuti Gully Boy.

4 dari 7 halaman

3. Kabhi Khushi Kabhie Gham (2001)

Lagi-lagi duet maut Shah Rukh Khan dan Kajol mencetak pendapatan mencengangkan lewat Kabhi Khushi Kabhie Gham yang dipromosikan dengan jargon “It’s all about loving your parents (Ini semua tentang mencintai orangtuamu).”

Topik yang dekat dengan masyarakat membuat film ini mudah dicintai. Kabhi Khushi Kabhie Gham meraup pendapatan 29 juta dolar AS atau sekitar 423 miliar rupiah. Sangat menghebohkan pada tahunnya.

5 dari 7 halaman

4. Dil Se… (1998)

“Gambaran sempurna ode tentang cinta,” kata seorang kritikus saat mengulas Dil Se, karya Mani Ratnam. Film ini dibintangi Shah Rukh Khan, Manisha Koirala, dan Preity Zinta yang kala itu masih pendatang baru.

Dil Se yang naskahnya ditangani Mani Ratnam bareng Tigmanshu Dhulia adalah contoh apik sinema paralel sekaligus menjadi penutup trilogi yang didahului oleh Roja (1992) dan Bombay (1995).

 

6 dari 7 halaman

5. Mohabattein (2000)

Dilepas ke bioskop pada Oktober 2000, Mohabbatein disebut-sebut film India termahal kala itu. Mempertemukan legenda hidup Amitabh Bachchan dan Shah Rukh Khan, Mohabbatein kebanjiran kritik positif.

Karya sineas Aditya Chopra ini disebut unggul di banyak aspek dari penyutradaraan, naskah,dan  tata musik keseluruhan. “Sukses menjadi film yang menyenangkan hati. Anda bisa menikamatinya (meski) sendiri,” tulis seorang kritikus.

7 dari 7 halaman

6. My Name Is Khan (2010)

Seolah tak lelah mencetak rekor, Shah Rukh Khan bikin geger tangga box office lagi lewat My Name Is Khan. Karya Karan Johar ini adalah film India pertama dengan laba kotor tertinggi di mancanegara, yakni lebih dari satu miliar rupe.

Prestasi ini kemudian disempurnakan 3 Idiots. Tidak hanya gemilang soal uang, Shah Rukh Khan memanen setengah lusin piala Pemeran Utama Pria Terbaik dari enam festival film berbeda berkat film ini. Wow!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.