Sukses

Menang Emmy Awards 2020, Watchmen Jadi Satu-Satunya Nomine Genre Superhero

Liputan6.com, Jakarta - Ajang 72nd Primetime Emmy Awards atau Emmy Awards 2020 telah digelar di Staples Center, Los Angeles, California, Amerika Serikat pada Minggu (20/9/2020) waktu setempat.

Watchmen yang mengudara di HBO terhitung sebagai serial paling banyak mendapatkan nomine di Emmy Awards 2020, yakni 11 nominasi. Menyusul Succession yang juga mengudara di HBO.

Menariknya, Watchmen adalah satu-satunya serial bergenre superhero yang masuk nominasi Emmy Awards 2020. Saat tulisan ini dibuat, Watchmen telah memenangkan empat penghargaan termasuk kategori program, Outstanding Limited Series.

Nominasi tersebut bersaing dengan serial Little Fires Everywhere dari Hulu, Mrs. America dari FX, serta Unbelievable dan Unorthodox dari Netflix.

2 dari 6 halaman

Bukan Lanjutan Film

Namun yang perlu diketahui di sini adalah, serial Watchmen bukanlah kelanjutan dari filmnya yang dirilis pada 2009 lalu. Serial ini merupakan kelanjutan langsung dari komik aslinya yang ditulis Alan Moore pada era 1980-an.

3 dari 6 halaman

Mengangkat Tema Rasisme

Selain itu, serial Watchmen juga mengangkat isu rasisme yang masih marak di Negeri Paman Sam. Isu politik pun ditampilkan dengan cukup gamblang, menyentil para petinggi negeri.

4 dari 6 halaman

Minim Aksi

Namun satu hal yang membuat Watchmen sedikit berbeda dari kisah superhero lain, serial ini minim adegan aksi. Namun, konfliknya yang membuat serial ini menarik.

5 dari 6 halaman

Tak Dilanjutkan

Biarpun serial ini memiliki ending yang membuat pemirsanya penasaran menantikan musim kedua, sayangnya Damon Lindelof selaku kreatornya mengaku tak ingin melanjutkan serial ini.

6 dari 6 halaman

Penghargaan yang Dimenangkan

Selain Outstanding Limited Series, nominasi lain yang dimenangkan Watchmen dalam Emmy Awards 2020 adalah Outstanding Lead Actress in a Limited Series or Movie, Outstanding Supporting Actor in a Limited Series or Movie, dan Outstanding Writing for a Limited Series, Movie, or Dramatic Special.