Sukses

Cerita Baim Wong Menangis Tersedu Saat Salat Tahajud

Liputan6.com, Jakarta - Lewat kanal YouTube Daniel Mananta, Baim Wong menceritakan tentang hubungan dirinya dengan Tuhan. Seberapa dekat seorang Baim dengan Sang Pencipta.

Menurut Baim Wong, salat adalah salah satu momen yang paling tepat untuk mendekatkan diri dengan Tuhan. Dalam salat, ia percaya bahwa Sang Khalik akan mendengar semua isi hatinya.

"Di Islam ada tahajud di sepertiga malam yang kita merasa dekat banget dan gue sekarang ngebiasain pas (takbiratul ihram) pas bilang "Allah..." tuh gue harus merasa Dia dekat. Istilahnya Dia harus mendengarkan apa yang kita omong," kata Baim Wong, dalam video yang diunggah, Jumat (14/8/2020).

2 dari 5 halaman

Mengapa Tak Bisa Menangis?

Namun belakangan ini, Baim Wong sudah jarang menangis saat tahajud. Hal ini membuatnya bertanya-tanya, apa yang telah terjadi pada dirinya sehingga hatinya tak mudah tersentuh seperti dulu.

"Kalau menangis dalam salat tuh sangat dirindukan, kadang kemarin-kemarin tuh 'Kok gue enggak nangis-nangis lagi ya, kenapa ya?' Dan nangis kan enggak bisa dibuat-buat. 'Duh, kenapa gini ya, dulu kayak gampang banget setiap Tahajud nangis, sekarang kenapa ya?'," ucap suami Paula Verhoeven ini.

3 dari 5 halaman

Akhirnya Menangis

Hingga datang satu hari di mana Baim Wong sempat tertidur di kantornya. Dan saat kembali ke rumah pukul 03.00 WIB, ayah satu anak ini menunaikan salat tahajud. Di situlah akhirnya ia bisa kembali menangis.

"Akhirnya salat, pas salat langsung, baru 'Allahuakbar' sudah nangis, nangis terus. Sampai sujud nangis," papar bintang film Bebas tersebut.

"Kalau gue sudah nangis terus, tuh, minta ampunnya enggak berhenti. Karena gue tahu banyak banget dosanya. Nah, pas besoknya baru cerita sama Paula, karena menurut gue itu sudah kejadian besar, dan gue merasa enak banget, rilis banget," sambungnya.

4 dari 5 halaman

Hampa

Menurutnya, menangis dalam salat adalah hal yang sangat penting, karena saat itulah ia merasa memiliki ikatan dengan Pencipta. Bila tidak, hatinya akan terasa hampa.

Dengan salat, Baim Wong juga merasa terjaga dari melakukan hal-hal yang negatif. Selalu ada bisikan yang seakan mengingatkannya agar selalu berada di jalan yang benar.

5 dari 5 halaman

Bisikan

"Gue sekarang masih ada bisikan-bisikan yang gue menjaga itu dalam salat. Misalkan dulu pas masih bengal, pernah begini (ada bisikan baik) tiba-tiba hilang. Jadi misalkan kita enggak salat, lempeng aja, bro. Kayak enggak ada rasa bersalah," ujarnya.

"Nah, kalau sekarang, misalnya kita belum salat Isya, nanti ada (bisikan) 'Eh salat lu, salat'. Makanya gue suka takut kalau ada teman gue yang enggak salat kok lempeng aja ya (tak merasa salah), menurut gue itu agak bahaya," Baim Wong mengakhiri.