Sukses

Bintang Emon Difitnah Mencandu Narkoba, 6 Artis Ini Bereaksi

Liputan6.com, Jakarta Pekan ini, pelawak tunggal Bintang Emon mendadak viral di medsos. Ini berawal ketika juara Stand Up Comedy Academy musim ketiga mengunggah video berisi kritikan terkait sidang kasus Novel Baswedan yang disiram air keras.

Hingga artikel ini disusun, video kritik Bintang Emon soal Novel Baswedan yang berdurasi 1 menit dan 43 detik tersebut disukai lebih dari 270 ribu orang serta dicuit ulang hingga 128 ribu kali. Tak lama setelahnya, sejumlah akun Twitter tak dikenal menyebut Bintang Emon kecanduan narkoba.

Publik menduga, akun-akun tak dikenal ini buzzer yang mengirim serangan balik terhadap kritik yang dilontar Bintang Emon. Sadar mendapat serangan dari pihak tak dikenal, Bintang Emon sempat mengunci akun Twitter-nya. Sejumlah artis lantas memberi dukungan moral untuk sang komika. Siapa saja?

2 dari 7 halaman

1. Pandji Pragiwaksono

Mengunggah tangkapan layar ocehan sejumlah akun Twitter tak dikenal, Pandji Pragiwaksono menyuarakan keprihatinan terkait fitnah yang menimpa Bintang Emon. Melalui akun Twitter terverifikasi miliknya, Senin (15/6/2020), bintang film Comic 8 dan Ayat-ayat Cinta 2 buka suara.

Sekarang Indonesia tahu Bintang Emon melakukan hal yang benar karena fitnah oleh organisator akun-akun ini mengungkap bahwa mereka ada di posisi yang salah,” cuitnya. Lebih dari 87 ribu orang mengirim tanda hati untuk status teks ini.

3 dari 7 halaman

2. Muhadkly Acho

Bintang film Surga Yang Tak Dirindukan 2 dan Ghost Writer ini punya cara unik mendukung Bintang Emon. Lewat sindiran yang nyelekit di akun Twitter, Muhadkly Acho menyarankan Bintang Emon melapor ke polisi.

Udahlah ‪@bintangemon lo lapor pihak berwajib saja, supaya pelaku yang neror socmed lo dituntut penjara. Kalau siram air keras sampai bikin orang cacat dituntut 1 tahun, mungkin pengganggu sosmed lo bisa dituntut ya.. 12 menitlah, Lumayan banget. Pasti dia jera,” selorohnya, pada 15 Juni 2020. Ouch!

4 dari 7 halaman

3. Fiersa Besari

Lewat akun Twitter terverifikasi miliknya, pelantun “Pelukku Untuk Pelikmu” berpendapat, jika orang melucu saja dibungkam, mungkin negara memang sudah terlalu lucu.

Wiji Thukul pernah berkata, “Apabila usul ditolak tanpa ditimbang; suara dibungkam; kritik dilarang tanpa alasan; dituduh subversif dan mengganggu keamanan, maka hanya ada satu kata: Lawan!”

Lebih lanjut, Fiersa Besari berujar, “Melawak adalah cara melawan. Bintang Emon orang baik. Jangan sampai kena hal enggak baik.”

 

5 dari 7 halaman

4. Ernest Prakasa

Sutradara film Cek Toko Sebelah dan Susah Sinyal meminta masyarakat berhati-hati merespons teror yang menimpa Bintang Emon. Mengingat, ada banyak pihak fasih bermain dengan modus operandi semacam ini. Masing-masing pihak punya kepentingan. Bukan berarti ia tak peduli Bintang Emon diserang. “Ini bukan positif thinking, tapi learned from experience. Sudah sering gue kena begituan,” cuitnya.

Yang pasti, Ernest Prakasa mendukung Bintang Emon, karena khitahnya stand-up comedy adalah menentang ketidakadilan. “Makanya gue suka gregetan kalau orang-orang bilang: Makanya pelawak ngelucu aja, enggak usah sok kritis ngomen2 politik! Eh pala gesper, sejak jaman dahulu kala, komedi adalah alat buat mengkritik. Menyuarakan keresahan, menentang ketidakadilan,” ujarnya pada 15 Juni 2020.

6 dari 7 halaman

5. Angga Dwimas Sasongko

Sutradara film box office Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini gelisah saat Bintang Emon diserang sejumlah akun Twitter tak dikenal. Menurutnya, Bintang Emon cermin keresahan anak muda dalam merespons kejanggalan yang bergulir di masyarakat.

Pada hari yang sama, melalui akun Twitter, Angga Dwimas Sasongko menulis, “Anak muda yang keren itu ya kayak Bintang Emon. Punya bakat, punya platform, dipakai untuk bersikap dan bersuara. Berani. Jadikan dia contoh ya, teman-teman.”

7 dari 7 halaman

6. Vidi Aldiano

Merespons fitnah yang dialamatkan padanya, Bintang Emon via akun Instagram terverifikasi mengunggah hasil tes rilisan Rumah Sakit Pondok Indah Puri Indah Jakarta. Hasil tes dalam secarik kertas tertanggal 15 Juni 2020 itu menerangkan ia bebas narkoba.

Inilah serangan balik Bintang Emon untuk akun-akun tak dikenal yang menyerangnya. Lebih dari 1,2 juta orang mengirim tanda hati untuk unggahan ini. Tak kurang dari 65 ribu komentar membanjiri kolom. Salah satunya, Vidi Aldiano, yang menulis, “Semangat terus, Bro! Banyak pendukung lo.”