Sukses

Via Valen Tanyakan Ini Sehari Sebelum Adiknya Dinyatakan Positif Corona Covid-19

Via Vallen mengirim sinyal soal salah satu keluarganya terpapar Covid-19 di jagat maya.

Liputan6.com, JakartaLah wong adekku yang swabnya positif aja pas di Rapid yang jumlah darah di ambil lebih banyak dari TCM saja hasilnya bisa non reactive,” Via Vallen menjelaskan status kesehatan adiknya yang dinyatakan positif Covid-19.

Fakta sang adik terpapar Covid-19 jelas menjadi pukulan telak bagi Via Vallen. Dari momen pahit ini, Via Vallen belajar banyak hal. Salah satunya, hasil rapid test tak 100 persen akurat.

Adik Via Vallen menjalani rapid test dan hasilnya, ia dinyatakan negatif Covid-19. Namun saat menjalani swab test, adik Via Vallen positif Covid-19. Kabar ini disampaikan Via Vallen di akun Instagram terverifikasi miliknya, Minggu (24/5/2020).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Sketsa Tes Covid-19

Pertanda seputar sang adik dinyatakan positif Covid-19 sebenarnya sudah dikirim Via Vallen sehari sebelumnya. Sabtu (23/5/2020), ia mengunggah sketsa cowok mengenakan kaus biru menjalani swab test.

Tes ini dilakukan petugas medis yang mengenakan baju APD (alat pelindung diri lengkap). Menyertai sketsa ini, Via Vallen menulis, “Hallo semuanya. Saya mau tanyaaa penting buat semua dokter atau yg paham dengan soal ini.”

3 dari 5 halaman

Swab Test dan Hasil Akhir

Pelantun “Sayang” menyambung, “Apakah hasil swab yang positif, sudah pasti positif virus #Corona atau karena virus lain?” Pedangdut kelahiran Surabaya, 1 Oktober 1991 ini menjelaskan namun tidak detail perihal hasil rapid test seseorang di salah satu rumah sakit rujukan Covid-19.

Sebelumnya, hasil rapid test orang ini non reactive. “Karena kalau memang hasil akhir test corona adalah swab, bagaimana nasib mereka yang cuma dilakukan rapid test jika hasilnya tidak akurat?” tanya Via Vallen kemudian.

4 dari 5 halaman

Tes Cepat Molekuler

Pedangdut bernama lengkap Maulidia Octavia mengajukan pertanyaan lainnya, yakni “Dan apa kabar mereka yang cuma dilakukan TCM (tes cepat molekuler) jika sekelas rapid test aja hasilnya masih tidak akurat?

Mengakhiri status teksnya, Via Vallen menyatakan, “Jika melihat postingan saya, tolong beri jawabannya di komentar ini. Terima kasih banyak.” Hingga artikel ini disusun, lebih dari 67 ribu warganet mengirim tanda hati.

5 dari 5 halaman

Penggemar Khawatir

Ratusan komentar membanjiri kolom. Selain informasi, warganet mengkhawatirkan kesehatan Via Vallen. “Mbak Via kenapa mbak? Aku jadi cemas kenapa mendadak nanya gini. Semoga baik baik saja dan semoga sehat semua sekeluarga,” tulis seorang warganet.

Yang lain menambahkan, “Jarak waktu antara rapid sama wab berapa lama? Kalau jaraknya cukup lama (harian), kan bisa saja kejadian waktu papid non reactive, waktu Swab positif.”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini