Sukses

Lewat Sindiran, Baim Wong Minta Ferdian Paleka Menyerahkan Diri Ke Polisi

Menyaksikan Ferdian Paleka dengan sengaja memasukkan batu bata dalam paket sembako sampah, Baim Wong marah.

Liputan6.com, Jakarta - Baim Wong mendapatkan video aksi sosial abal-abal Ferdian Paleka yang viral dan kini telah dihapus dari kanal YouTube. Menyaksikan video bertajuk “Prank Kasih Makanan Ke Banci CBL” ini, Baim Wong tak habis pikir.

Pasalnya, dalam video itu terungkap bukan hanya waria yang jadi korban Ferdian Paleka. Anak-anak jalanan yang kurang mampu pun tak luput dari incaran Ferdian Paleka. Oleh Ferdian Paleka, anak-anak ini diberi kardus mi instan untuk sahur yang berisi sampah.

Puas menonton reaksi anak-anak jalanan itu, Ferdian Paleka bersama timnya kabur menggunakan mobil. Baim Wong tak sanggup melihat video ini sampai selesai. Suami Paula Verhoeven lantas berhenti dan meluapkan kekesalannya. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Tambah Parah

“Kayak begini kenanya tambah parah, ya. Mendingan menyerahkan diri saja. Karena sudah sangat merugikan banyak orang,” cetus Baim Wong dalam video berjudul “Prank Apaan Ni? Prank Itu Bisa Berarti Positif! Kenapa Lo Kotorin Lg Arti Prank Dgn Beginian!!!” yang diunggah di YouTube, Selasa (5/5/2020).

“Banyak wartawan yang bertanya kepada saya tapi saya enggak mau menjawab karena saya enggak tahu beritanya seperti apa. Baru sekarang nih bertubi-tubi reaksi yang tadi,” beri tahu bintang sinetron Cincin dan Catatan Hati Seorang Istri.

3 dari 5 halaman

Mempertanyakan Esensi Prank

Sejak aksi tak terpuji Ferdian Paleka viral, warganet mempertanyakan esensi prank kepada Baim Wong. “Orang suka menanyakan prank itu sama saya, bukan berarti saya dalang prank. Jailnya saya ada prank-nya juga, sih. Konten saya ada prank-prank-nya sih. Sama Paula juga,” Baim Wong mengakui.

Namun prank ala Baim Wong menyenangkan, memuat misi sosial, dan berspirit positif. Baim Wong menilai, video Ferdian Paleka mencederai nilai kesopanan, diskriminatif, dan melecehkan sesama manusia.

4 dari 5 halaman

Berikan Efek Jera

Ia pun meminta aparat menindak tegas Ferdian Paleka yang hingga artikel ini disusun, belum tertangkap. “Kalau (menurut) saya, memang harus ditindak, sih. Supaya orang ada jeranya dan enggak melakukan lagi,” bilang Baim Wong, dengan nada serius.

Untuk kali kedua, Baim Wong meminta Ferdian Paleka bersikap kooperatif dengan menyerahkan diri ke polisi. “Dan mudah-mudahan yang satu menyerahkan diri ke polisi, deh. Takutnya dia malah tambah parah,” sindirnya.

5 dari 5 halaman

Boleh Bikin Prank, Asal...

Di pengujung pernyataan sikapnya, bintang film Moammar Emka's Jakarta Undercover dan Filosofi Kopi The Movie tidak melarang masyarakat bikin video berkonten prank. Namun ada catatannya.

“Bikin prank yang berguna, jangan kayak begini! Nanti kita akan bertemu (di kanal) prank yang benaran, jangan kayak begini!” serunya sambil menunjuk layar televisi yang menampilkan video Ferdian Paleka.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini