Sukses

4 Aksi Glenn Fredly yang Bikin Kagum Penggemar Muslim di Tanah Air

Liputan6.com, Jakarta - Dua pekan sudah Glenn Fredly berpulang ke pangkuan Sang Pencipta. Hingga kini masih banyak penggemar yang terus mengenang pelantun lagu hit "Januari" ini.

Selama hidupnya, Glenn Fredly dikenal memiliki toleransi yang sangat kuat. Meski seorang Nasrani, Glenn beberapa kali ikut menyambut hari raya umat Islam.

Glenn Fredly bahkan sempat membuat karya lagu yang secara khusus dipersembahkan untuk kaum muslim di seluruh Tanah Air.

2 dari 10 halaman

Bernyanyi

Tak hanya berkarya, Glenn juga pernah menyanyikan tembang pujian untuk Nabi Muhammad SAW dengan suaranya yang merdu.

3 dari 10 halaman

Menghayati

Saking menghayatinya, bahkan ada satu momen ketika Glenn Fredly menitikkan air mata selama menyanyikan tembang pujian tersebut.

4 dari 10 halaman

Sikap Tulus

Sikap tulus Glenn Fredly dalam menjunjung tinggi toleransi juga ditunjukkan dengan mendatangi ceramah agama Islam sambil memakai atribut muslim.

5 dari 10 halaman

Tetap Dikenang

Bahkan, setelah Glenn meninggal, banyak warganet yang kembali mengunggah video dan potret Glenn dalam momen bernuansa Islami itu.

6 dari 10 halaman

Apa Saja?

Lalu apa saja hal-hal yang telah dilakukan oleh Glenn Fredly hingga membuat umat Islam di Tanah Air mengaguminya? Ikuti deretannya berikut ini.

7 dari 10 halaman

1. Membuat Album Religi untuk Ramadan

Jelang Ramadan 2016 lalu, sejumlah musikus ikut terlibat dalam album religi berjudul Hidayah yang diproduseri Glenn Fredly. Bagi Glenn Fredly, album religi yang diproduserinya ini menjadi sebuah pesan keberagaman.

"Sebelumnya saya memang belum pernah terpikir untuk menjadi produser. Ini ide lama yang baru terwujud. Album ini hasil obrolan dan diskusi bersama teman-teman sepergaulan," kata Glenn Fredly kepada wartawan di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Juni 2016 lalu.

"Saya memutuskan, mengumpulkan teman-teman yang musisi baru yang belum pernah saya ajak kerja bareng," lanjutnya.

"Saya besar dalam sebuah tradisi, gimana keberagaman itu penting. Saya tumbuh dalam keluarga yang beragam. Dan itu sangat memberi inspirasi untuk saya. Saat menyambut Ramadan, saya sangat happy. Di Maluku, juga sama happy-nya, sama seperti menyambut Natal," ujar Glenn kala itu.

8 dari 10 halaman

2. Lantunkan Selawat Nabi

Beberapa hari sebelum Ramadan 2017 tiba, Glenn Fredly mengunggah video pendek melalui Instagram pribadinya. Sambil mengenakan kaus putih, Glenn melantunkan selawat Nabi.

Musikus berdarah Maluku itu pun terdengar fasih melantunkan Selawat Nabi. Lalu dengan berbahasa Maluku, pelantun "Januari" itu mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa kepada umat Muslim.

Buat beta pung Gandong Salam, selamat memasuki bulan Suci penuh Rahmat, Damai sejahtera menyertai katong samua, dari ale pung Gandong Sarani.. Kami di Maluku menyebut Gandong artinya saudara ( Kakak & adik ).." tulis Glenn di keterangan video.

Unggahan Glenn Fredly itu langsung banjir pujian dari masyarakat yang salut dengan sikap toleransi penyanyi 41 tahun itu. Bahkan tak sedikit dari mereka yang merinding mendengar Glenn melantunkan selawat.

9 dari 10 halaman

3. Ciptakan Lagu Idul Fitri Bersama Budjana

Salah satu sikap toleransi yang masih dikenang dari Glenn Fredly adalah kolaborasinya bersama gitaris Gigi, Dewa Budjana, untuk menyanyikan lagu islami berjudul "Idul Fitri".

Momen kebersamaan Glenn Fredly dan Dewa Budjana itu sempat diunggah kembali ke Instagram pribadi Budjana beberapa saat setelah Glenn meninggal dunia.

"Kita semua kehilangan atas kepergian Seniman hebat, yg sangat Humble Glenn Fredly, secara pribadi saya sangat kehilangan sahabat dlm laku Kebhinekaan," tulis Dewa Budjana.

Dalam video tersebut, Glenn Fredly mengaku bahwa kolaborasinya dengan Dewa Budjana ini adalah sebuah kolaborasi tentang perjalanan spiritual.

10 dari 10 halaman

4. Ikut Mendengar Ceramah Agama Islam

Glenn Fredly juga sempat membagikan momen saat ia mendengarkan ceramah dari salah satu ulama yang sangat terpandang di Tanah Air, Quraish Shihab.

Glenn Fredly merasa diberkati saat mendengar tausyiah Quraish Shihab tentang Islam yang penuh rahmat untuk kemanusiaan. Suami dari Mutia Ayu ini mengungkapkan hal tersebut dalam unggahan di Instagram pada 25 Mei 2019.

Dalam foto tersebut, Glenn terlihat memakai peci hitam dan baju koko tangan panjang abu-abu dan celana panjang hitam. Ia tampak menghayati ceramah dari Quraish Shihab.

"Kemanusiaan mendahului keagamaan, kita bisa berbeda pendapat namun hendaknya bersama-sama mengejar kebaikan dalam kemanusiaan," tulis Glenn dalam keterangan fotonya.