Sukses

6 Penghargaan Glenn Fredly Semasa Hidup dari Dalam hingga Luar Negeri

Liputan6.com, Jakarta - Publik terkejut dengan meninggalnya Glenn Fredly pada Rabu (8/4/2020) malam kemarin. Penyanyi berdarah Maluku ini mengembuskan napas terakhirnya di salah satu rumah sakit di Jakarta karena penyakit meningitis yang telah lama diidapnya.

Semasa hidupnya, sosok Glenn Fredly dikenal sebagai seorang penyanyi solo bersuara merdu. Meskipun pada debutnya Glenn kurang mendapat sorotan, namun lama kelamaan ia bisa membuktikan dirinya layak sebagai musisi papan atas.

Tak sekadar penjualan albumnya yang laris mapun lagu-lagunya yang diputar di radio maupun berbagai tempat. Glenn Fredly juga berhasil meraih sejumlah piala dari berbagai macam ajang penghargaan bergengsi.

2 dari 11 halaman

Tak Hanya Dalam Negeri

Sejumlah penghargaan musik yang didapat Glenn Fredly semasa hidupnya ini tak hanya berasal dari dalam negeri. Glenn juga pernah menyabet piala dari ajang di luar negeri.

3 dari 11 halaman

Lagu-Lagu Hit

Nah, tentunya penghargaan yang diraih oleh Glenn Fredly ini tak lepas dari lagu-lagu hit yang tlah ia telurkan. Album Selamat Pagi, Dunia! yang ia rilis pun menjadi perhatian, terutama lagu "Januari", "Sekali Ini Saja", dan "Terpesona".

Album tersebut juga dirilis ulang dalam format Repackage dengan lagu-lagu baru yang di antaranya "Sedih tak Berujung" dan "Akhir Cerita Cinta".

4 dari 11 halaman

Lima Piala di Sebuah Ajang

Dalam salah satu ajang penghargaan, Glenn Fredly bahkan meraih lima piala sejak tahun 2001 hingga 2013 silam. Tak heran bila prestasinya ini menginspirasi banyak musisi generasi setelahnya, termasuk yang namanya kini sudah kondang seperti Judika dan Delon.

5 dari 11 halaman

Apa Saja?

Bahkan, Glenn Fredly juga pernah mendapatkan penghargaan dari ajang film paling bergengsi di Tanah Air. Penghargaan ini ia raih setelah ia terjun sebagai produser film.

Lalu, apa saja penghargaan-penghargaan yang pernah diraih oleh Glenn Fredly semasa hidupnya? Yuk kita ikuti deretannya berikut ini.

6 dari 11 halaman

1. AMI Awards

Seperti disampaikan di atas, Glenn Fredly pernah mendapat lima piala di satu ajang penghargaan musik. Ya, ajang penghargaan yang diimaksud adalah Anugerah Musik Indonesia alias AMI Awards, ajang bergengsi yang digelar sejak 1985.

Penghargaan yang diraih Glenn pada ajang ini adalah Artis Solo Pria R&B Terbaik pada 2001, Lagu Pop Terbaik pada 2004, Artis Solo Pria Pop Terbaik pada 2005, Karya Produksi Jazz Terbaik pada 2006, dan Artis Solo Wanita/Pria Urban Terbaik pada 2013.

7 dari 11 halaman

2. Anugerah Industri Musik Malaysia

Penghargaan luar negeri yang diraih Glenn Fredly adalah Anugerah Industri Musik Malaysia yang diberikan kepadanya pada 2000 silam. Pada ajang ini, Glenn menang untuk kategori Album Indonesia Terbaik. Saat itu, Glenn baru saja merilis albumnya yang kedua berjudul Kembali.

8 dari 11 halaman

3. Planet Musik Award

Pada tahun 2000, Glenn juga diganjar penghargaan luar negeri lain, yakni Planet Musik Award yang digelar di Singapura. Glenn memenangkan kategori Lagu Terbaik Pilihan Pendengar.

9 dari 11 halaman

4. Piala Maya

Berkat lagu "Kembali ke Awal" yang dirilis pada 2019 untuk soundtrack film Twivortiare, Glenn diganjar penghargaan pada tahun ini. Ya, ia baru saja meraih Piala Maya kategori Lagu Tema Terpilih berkat lagu tersebut.

10 dari 11 halaman

5. Festival Film Indonesia

Selain berprestasi di dunia musik, Glenn Fredly juga berhasil meraih penghargaan di bidang film juga, lo. Tak tanggung-tanggung, ia memenangkan piala dari ajang film paling bergengsi di Tanah Air, Festival Film Indonesia (FFI).

Glenn pernah menjadi produser untuk film bertema sepakbola di tanah leluhurnya yang berjudul Cahaya dari Timur: Beta Maluku. Film ini berhasil mendapatkan piala untuk penghargaan utama pada tahun 2014, yaitu kategori Film Terbaik.

11 dari 11 halaman

6. Prestasi Masa Anak-Anak

Sewaktu masih kecil, Glenn Fredly pernah menjadi juara dalam lomba menyanyi pada 1984. Prestasinya itu ia raih dalam ajang Vini Vidi Vici yang digelar oleh Yayasan Musik Indonesia.