Sukses

Ustaz Abdul Somad dan 6 Fakta Menarik Sang Ulama

Liputan6.com, Jakarta - Nama Ustaz Abdul Somad kini semakin sering disebut oleh publik. Sosok sang ulama pun kerap meramaikan berbagai media.

Kiprah Ustaz Abdul Somad yang lahir di Silo Lama, Asahan, Sumatera Utara, 18 Mei 1977 ini memang mengundang beragam pendapat di masyarakat, khususnya umat muslim.

Kabar terbaru dari Ustaz Abdul Somad, ia telah bercerai dari istrinya, Mellya Juniarti sejak 12 Juli 2019 di Pengadilan Agama Bangkinang, Kabupaten Kampar, Riau, berdasarkan hukum di Indonesia.

2 dari 10 halaman

Jadi Panutan Selebriti

Namun begitu, tak dapat dipungkiri bahwa Ustaz Abdul Somad telah memiliki banyak pengikut. Bahkan, sejumlah selebriti pun sering menghadiri kajiannya.

3 dari 10 halaman

Deretan Selebriti

Para selebriti yang hingga kini dekat dengan Ustaz Abdul Somad antara lain adalah Ricky Harun, Irwansyah, Arie Untung, dan masih banyak lagi.

4 dari 10 halaman

Fakta Sang Ulama

Mengikuti kilas baliknya, Ustaz Abdul Somad memiliki sejumlah fakta menarik yang rasanya layak untuk diingat kembali. Apa sajakah itu?

5 dari 10 halaman

1. Dari Keluarga Ulama

Darah ulama mengalir dari keluarga besar Ustaz Abdul Somad, yakni Syekh Abdurrahman yang dikenal sebagai Tuan Syekh Silau Laut I.

6 dari 10 halaman

2. Pendidikan Al-Quran

Semenjak duduk di bangku sekolah dasar, Ustaz Abdul Somad sudah mengenyam pendidikan khusus agama di sekolah berbasis tahfiz Alquran.

7 dari 10 halaman

3. Dapat Beasiswa dari Al-Azhar

Sejak menempuh pendidikan agama sejak SD hingga Madrasah Aliyah, Ustaz Abdul Somad lalu melanjutkan kuliah di UIN Sultan Syarif Kasim Riau.

Setelah itu, ia pun mendapat beasiswa dari pemerintah Mesir untuk melanjutkan kuliahnya di Universitas Al-Azhar hingga lulus pada 2002. Ia lalu melanjutkan program S2 di Institut Darul-Hadits Al-Hassaniyah Rabat dari Kerajaan Maroko.

8 dari 10 halaman

4. Seorang Dosen

Setelah menempuh pendidikan sejak SD hingga S2, Ustaz Abdul Somad pun menjalani profesi sebagai seorang dosen.

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN Suska) Riau pun menjadi kampus pilihannya untuk mengajar.

9 dari 10 halaman

5. Dakwah Isu Terkini

Selama menjadi pendakwah, Ustaz Abdul Somad masih memegang teguh keutuhan NKRI dengan membahas hal-hal yang berhubungan dengan nasionalisme.

Namun, hal lain yang menjadi daya tariknya adalah tema ceramahnya yang kerap membahas isu-isu terkini.

10 dari 10 halaman

6. Karya Tulis

Selain berdakwah dan mengajar, Ustaz Abdul Somad juga memiliki keahlian sebagai seorang penulis.

Beberapa buku karyanya yang diterbitkan pun menjadi best seller di kalangan umat muslim. Misalnya buku "Pertanyaan Seputar Sholat" atau "Tanya Jawab Seputar Qurban".

Loading
Artikel Selanjutnya
Mantan Istri Ustaz Abdul Somad Curhat: Patah Tumbuh Hilang Berganti
Artikel Selanjutnya
Ustad Abdul Somad Bercerai, Mantan Istri: Genderang Itu Telah Tuan Tabuh