Sukses

5 Tips Agar Sholat Khusyuk dari UAS dan Doanya, Rasakan Ketenangan saat Beribadah

Sebenarnya ketidakhusyukan dalam sholat hampir dialami setiap muslim. Lantas, bagaimana caranya agar sholat khusyuk? Simak penjelasan Ustadz Abdul Somad (UAS).

Liputan6.com, Jakarta - Siapa yang ketika sholat masih memikirkan kerjaan atau hal lainnya yang tidak ada kaitannya dengan ibadah? Jika masih begitu, bisa jadi kamu termasuk orang yang belum betul-betul khusyuk dalam sholat. 

Dapat diakui bahwa sholat khusyuk tidaklah mudah. Setiap mencoba untuk khusyuk selalu ada saja godaan yang datang. Misalnya, tiba-tiba teringat dengan barang yang ketinggalan di tempat wudhu.

Sebenarnya ketidakhusyukan dalam sholat hampir dialami setiap muslim. Lantas, bagaimana caranya agar sholat khusyuk? Simak penjelasan Ustadz Abdul Somad (UAS).

Sebelum lebih jauh mengetahui langkah-langkah sholat khusyuk, ada baiknya paham arti khusyuk. Dalam at-Thariqah al-Muhammadiyah, Syekh Muhammad bin Bir Ali Al-Barkuli menukil kalam ulama yang mengatakan “tadzallul al-qulub li ‘allamil ghuyub”, atau khusyuk adalah kerendahan hati di hadapan Tuhan Yang Maha Mengetahui lagi Maha Mengawasi.

Menurut ulama kontemporer Syekh Wahbah bin Musthafa az-Zuhaili dalam at-Tafsir al-Munir saat menafsirkan surah al-Mukminun ayat 2 yakni “alladzina hum fi shalatihim khasyi’un”, khusyuk adalah kepasrahan, kerendahan, rasa takut kepada Allah. Tempatnya di hati.

“Karenanya, orang yang hatinya khusyuk, tentu semua anggota badannya turut khusyuk. Sebab hatilah yang menguasai seluruh anggota badan,” demikian kata Syekh Wahbah dikutip via NU Online.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Agar Sholat Khusyuk dari UAS

Pendakwah kondang Ustadz Abdul Somad atau UAS pernah ditanya soal langkah-langkah agar sholat khusyuk. UAS kemudian membeberkan lima cara agar sholat semakin khusyuk. Berikut ulasannya dikutip dari YouTube Tanya Ustadz Abdul Somad.

1. Khusyuk saat Wudhu

Menurut UAS, langkah pertama agar sholat seorang muslim khusyuk diawali dari wudhu yang khusyuk. Sebaiknya ketika wudhu tidak boleh ngobrol agar kekhusukannya bisa tercapai.

2. Jangan Tasybik

Terkadang di luar kesadaran seseorang bertasybik sambil menunggu waktu sholat. Tasybik adalah menjalin jari-jemari. Bahkan, melakukan tasybik hukumnya makruh saat menunggu atau menuju sholat.

“Dilarang tasybik, yang boleh tasbih. Apa salahnya (bertasybik), tangan-tangan saya?. Hatimu rusak,” kata UAS. 

3 dari 4 halaman

Langkah-Langkah Agar Sholat Khusyuk Penjelasan UAS

3. Mengoneksikan Mulut dengan Hati

Langkah berikutnya adalah mengoneksikan antara mulut dengan hati. Ketika mulai tidak nyambung, maka kata UAS sambungkan lagi. Setiap bacaan sholat yang keluar dari lisan harus dikoneksikan dengan hati.

4. Mulut Bergerak saat Sholat

Berikutnya adalah mulut harus bergerak ketika sholat. Sahabat Nabi, Khabbab pernah ditanya apakah mulut nabi bergerak atau diam saat sholat.

“Kata Khabbab, nabi kalau sholat mulutnya bergerak. Dari mana kau tau mulutnya bergerak? Karena ku tengok jenggotnya bergoyang,” tutur UAS menirukan ucapan Sahabat Nabi.

5. Paham Maknanya

Cara terakhir yang harus dilakukan agar sholat khusyuk adalah memahami makna bacaan sholat. “Saya tidak suruh menghafal. Paham saja,” kata UAS.

4 dari 4 halaman

Doa Agar Sholat Khusyuk

Selain mengikuti langkah-langkah yang disarankan UAS, muslim juga bisa mengamalkan doa agar sholat khusyuk sebagai bagian dari usaha. Mengutip NU Online, berikut doanya.

اللَّهُمَّ أَعِنِّي عَلَى ذِكْرِكَ وَشُكْرِكَ وَحُسْنِ عِبَادَتِكَ 

Artinya: “Ya Allah, semoga Engkau memberi pertolongan kepada kami untuk bisa selalu ingat (zikir) kepada-Mu, bersyukur kepada-Mu, dan beribadah dengan baik kepada-Mu.

اللَّهُمَّ ارْزُقْنَا الطُّمَأْنِيْنَةَ وَالْخُشُوْعَ اللَّهُمَّ ارْزُقْنَا الخُشُوْعَ فِي صَلاَاتِنَا

Artinya: “Ya Rabb, anugerahkanlah rasa ketenangan (tumakninah) dan khusyuk dalam sholat kami.”

Perlu dicatat, kita tak perlu berkecil hati dan patah semangat apabila usaha kita agar sholat khusyuk belum berhasil. Sholat dengan khusyuk memang tidak bisa kita dapatkan secara instan. Perlu latihan yang terus menerus, menyatukan hati dan pikiran, sehingga nanti hadirnya hati dalam setiap gerakan shalat kita menjadi kebiasaan. Semoga kita dimudahkan dalam melaksanakan sholat dengan khusyuk. Aamiin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.