Sukses

Pesan Dian Sastrowardoyo untuk Orang Tua yang Punya Anak Autisme

Liputan6.com, Jakarta Dian Sastrowardoyo makin aktif berbagi pengalaman tentang terapi untuk anak autisme.

Kepada Showbiz Liputan6.com, Dian Sastrowardoyo mengingat momen ketika akhirnya mau terbuka soal putranya, Syailendra Naryama Sastraguna Sutowo, yang berada di spektrum autisme.

Dian Sastrowardoyo menyatakan, "Beberapa bulan lalu akhirnya terbuka bahwa anak saya berkebutuhan khusus, waktu kecil terutama. Itu saya terbuka untuk mendukung acara sepupu tentang anak-anak berkebutuhan khusus."

Bersikap terbuka, menurut Dian Sastrowardoyo, penting demi mendapat pertolongan yang tepat untuk si buah hati.

2 dari 5 halaman

Terima Fakta, Setop

Dian Sastrowardoyo kemudian berbagi tips kepada para ibu yang dikaruniai anak dengan autisme. "Pertama, menerima dulu fakta tersebut, setop denial. Saat menerima fakta biasanya kita jauh lebih terbuka terhadap informasi baru yang akan masuk. Kita bisa belajar jauh lebih banyak setelah mau terbuka dan menerima," ujar bintang film Ada Apa Dengan Cinta?

Sejak mau terbuka, banyak yang merespons Dian Sastrowardoyo di medsos. Tak sedikit yang berkeluh kesah punya nasib sama. Bahkan, ada yang baru mengenal autisme setelah menyimak pengalaman Dian Sastrowardoyo.

3 dari 5 halaman

Bukan Kesurupan

"Ada yang bilang, 'Saya baru tahu kalau anak saya bukan kesurupan atau anak saya bukan kena santet. Tapi anak saya mungkin seperti anaknya Mbak Dian, ya? Punya kebutuhan khusus. Ya ampun saya, tuh sudah menjadi momok di desa atau mungkin di keluarga saya yang mungkin pengetahuannya belum luas.' Masih asing dan awam terhadap hal-hal seperti ini,” ia menukas.

Berkaca pada pengalaman ini, menggali informasi dan pengetahuan seputar autisme menjadi saran Dian Sastrowardoyo berikutnya.

4 dari 5 halaman

Dikontak Pengikut dan Sahabat

Masyarakat perlu diingatkan bahwa anak berkebutuhan khusus itu benar ada di masyarakat. Mereka memerlukan penanganan yang spesifik. Dengan bersikap terbuka, Dian Sastrowardoyo ingin membantu orang tua lain yang mengalami masalah seperti dirinya dulu.

"Ternyata benar, 80 persen orang yang menghubungi saya lewat medsos, followers yang mungkin tidak saya kenal dekat. Bahkan sahabat saya sendiri ternyata punya anak berkebutuhan khusus. Mereka menanyakan, terapinya di mana," ujar lawan main Christine Hakim di film Kartini.

5 dari 5 halaman

Jangan Malu

Di pengujung obrolan, Dian Sastrowardoyo mengingatkan orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus. "Kalian enggak sendirian, enggak usah malu, bukan sesuatu yang harus disedihkan, atau jadi bahan untuk malu," Dian menyemangati.

"Mungkin saya bisa bilang anak dengan autisme itu ada di satu dari tiga keluarga. Saya juga tidak tahu kenapa sekarang kayaknya lebih banyak daripada zaman bapak ibu kita dulu. Saya percaya anak-anak dengan autisme bisa menjadi manusia swadaya," pungkasnya.

Loading
Artikel Selanjutnya
Dian Sastrowardoyo Ungkap Visi Film Guru-guru Gokil
Artikel Selanjutnya
Wajah Muda Dian Sastrowardoyo Saat Foto Bareng Aktris Legendaris Michelle Yeoh