Sukses

JFlow Curhat Tak Punya Penghasilan Tetap

Liputan6.com, Jakarta Menjadi musisi tak senikmat yang dibayangkan. Penyanyi dan penulis lagu JFlow, misalnya mengaku tak punya penghasilan tetap.

Hingga saat ini, satu-satunya sumber pendapatan JFlow dari musik.

Kepada Showbiz Liputan6.com, JFlow menyebut penghasilannya berasal dari tawaran manggung di acara perusahaan swasta maupun BUMN, royalti menulis lagu dan permintaan lagu dari penyanyi lain.

JFlow tak punya bank lagu atau stok lagu yang bisa dijual ke pihak lain sewaktu-waktu. JFlow menulis lagu berdasarkan karakter pemesan.

2 dari 5 halaman

Enggak Setengah-setengah

"Saya kalau mengerjakan sesuatu enggak setengah-setengah. Saya masih punya pendapatan aktif, sampai sekarang uang saya, ya dari bermusik. Belum punya pendapatan pasif atau pendapatan tetap per bulan. Sampai sekarang jumlahnya enggak rutin," ungkap JFlow di Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Bahkan untuk sesuatu yang pasti dapat bayaran pun kurang jelas kapan pembayarannya.

3 dari 5 halaman

Tetap Peduli Sesama

"Kadang pembayarannya di bulan yang sama atau bulan depan. Dibayar di tahun yang sama saja saya sudah happy," ujar rekan duet BCL di lagu fenomena "Dance Tonight."

Kondisi ini tak menciutkan niatnya untuk berbuat baik atau peduli terhadap sesama. JFlow belajar peduli dari kiprah para sahabat di sekitarnya.

4 dari 5 halaman

Pilih Kegiatan Sosial

Salah satunya, presenter Andy F. Noya. "Dari Bang Andy saya belajar tidak terlibat di semua kegiatan sosial. Pilih beberapa, fokus di sana. Saya pernah bareng Bang Andy F. Noya saat membantu mendonasikan kaki palsu, bola, dan operasi mata. Isu yang disasar spesifik,” papar JFlow dalam sesi penggalangan dana BenihBaik.com dan Tokopedia.

Kampanye ini mengajak pelanggan menyisihkan uang 500 rupiah saat berbelanja. Penggalangan dana dilakukan dari 25 Oktober hingga 25 Desember 2019. Hasilnya untuk membantu MTS Sunanul Huda di Bogor, Jawa Barat.

5 dari 5 halaman

Sedih

JFlow mengaku belajar banyak dari sahabat yang peduli dengan orang lain. "Dari para sahabat saya belajar kalau kita enggak pernah menabur jangan berharap menuai. Kalau enggak bekerja, ya jangan harap bisa makan," JFlow menyimpulkan.

Ada satu hal yang membuatnya prihatin. Belakangan, orang yang berbuat baik malah dicurigai dan kejahatan makin dimaklumi.

"Sedih, ya. Orang berbuat jahat dengan dalih semua orang juga melakukannya. Lalu dianggap lumrah. Sementara orang yang berbuat baik dituding pencitraanlah, ada kepentingan terselubunglah, dikaitkan dengan anulah. Semoga kita bisa memandang kebaikan dengan lebih jernih," harapnya.

Loading
Artikel Selanjutnya
Denada Sebut Putrinya yang Sakit Leukemia Sumber Kebahagiaan