Sukses

Wah, 6 Artis Ini Pilih Banting Setir Menjadi PNS

Liputan6.com, Jakarta - Menjadi artis tidak selamanya menjanjikan. Hal itulah yang mungkin ada di benak beberapa artis yang memutuskan untuk alih profesi. Para artis yang sempat menikmati dunia glamour ini memutuskan memilih profesi PNS (Pegawai Negeri Sipil).

Para artis yang memilih untuk menjadi abdi negara atau PNS itu memang telah mempersiapkan langkah karier mereka. Hal itu bukan berarti mereka gagal di dunia keartisan.

Berikut ini deretan artis yang memilih jadi PNS. Ada yang menjadi pejabat sembari tetap aktif melakoni profesi sebagai seniman, ada pula yang lepas total dari dunia hiburan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Fryda Lucyana

Nama artis Fryda Lucyana dikenal sebagai penyanyi yang melantunkan lagu di era tahun 1990-an "Segala Rasa Cinta" serta "Tembang Rindu" yang didaur ulang oleh Agnez Mo.

Penyanyi berparas manis ini sempat populer di era 90-an sebelum namanya menghilang. Tak banyak yang tahu kalau penyandang gelar master hukum dari Monash University Australia ini sudah jadi PNS.

Fryda Lucyana diketahui sempat bekerja di Kementerian Sekretariat Negara.

 

3 dari 7 halaman

2. Risa Saraswati

Novelis Risa Saraswati dikenal juga sebagai penyanyi, penulis, vlogger, dan mantan presenter acara televisi bernuansa mistis. Risa dikenal publik karena kemampuannya berkomunikasi dengan makhluk halus.

Walaupun sukses di televisi dan dunia maya, rupanya wanita yang kini berjilbab itu juga menekuni profesi sebagai PNS. Risa Saraswati bekerja sebagai Pegawai Negeri Sipil Kabupaten Karawang Departemen Bina Marga dan Pengairan.

 

4 dari 7 halaman

3. Edwin Manansang

Nama aslinya Edwin Rizal Manansang. Dirinya termasuk perintis boyband di Tanah Air. Lewat Trio Libels yang nge-hits di era 90-an, suara merdunya telah menelurkan lagu-lagu populer seperti "Jerat-Jerat Cinta" dan "Aku Suka Kamu".

Selain menjadi penyanyi, kala itu Edwin Manangsang menempuh pendidikan di Sekolah Tinggi Akuntansi Negara. Lalu lanjut mengejar gelar master di Universitas Illinois dan doktor dari Universitas Indonesia.

Saat ini dia sudah jadi PNS dengan jabatan tinggi. Edwin menjadi pejabat Eselon II di Kemenko Perekonomian. Posisinya adalah Asisten Deputi Kerjasama Ekonomi Multilateral dan Pembiayaan.

 

5 dari 7 halaman

4. Shirley Malinton

Masih ingat perempuan cantik berparas bule yang kerap menemani trio Warkop DKI di film-filmnya di masa lalu? Dialah Shirley Malinton, aktris blasteran Inggris yang sempat melejit di tahun 80-an.

Shirley mengundurkan diri dari dunia hiburan setelah membintangi belasan film. Dia pilih mengejar cita-cita sejak kecil sebagai diplomat. Dia bergabung dengan Departemen Luar Negeri dan pernah menjabat sebagai Kepala Bidang Amerika di Bagian Pengembangan dan Pengkajian Kebijakan (BPPK).

Shirley pernah bertugas di Kedubes RI yang ada di Roma, Konsulat Jenderal RI di Toronto, dan kini menjalankan tugasnya di Konsulat Jenderal RI di Chicago sebagai Konsul Fungsi Penerangan, Sosial dan Budaya.

 

6 dari 7 halaman

5. Ellen Cherrybelle

Mantan personel Cherrybelle, Ellen Nita Vindriana juga menjadi salah satu artis yang menjadi PNS. Perempuan bertampang imut itu memutuskan untuk berkarier di bidang pendidikan setelah hengkang dari Cherrybelle pada 2016.

Ellen menyelesaikan pendidikan di bidang manajemen akuntansi Politeknik Negeri Malang, kota asalnya. Sekarang dia mengabdikan diri sebagai dosen di kampus yang menjadi almamaternya itu dengan status abdi negara.

 

7 dari 7 halaman

6. Dian AFI

Mungkin tak banyak yang mengingat Luh Paramita Ardianti. Pasalnya dia adalah satu dari sekian banyak penyanyi muda yang jadi finalis Akademi Fantasi Indosiar (AFI).

Perempuan yang sempat dikenal dengan nama Dian AFI itu kini bertugas sebagai PNS di bagian Humas dan Protokol Pemerintah Kota Denpasar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.