Sukses

Si Doel The Movie 2: Zaenab Menggugat Dalam Diam, Senyum, dan Air Mata

Film Si Doel The Movie 2 menjawab banyak pertanyaan di jilid sebelumnya.

Liputan6.com, Jakarta - Tentu saja Si Doel The Movie harus dilanjutkan mengingat akhir cerita film itu berupa gugatan cerai Sarah kepada Doel. Faktor lain, rekam jejak Si Doel The Movie sebagai film terlaris keempat, tahun lalu. Si Doel The Movie meraih 1,7 juta penonton. Sekuelnya, mendapat kesempatan tayang di minggu Lebaran dengan harapan kisah sukses bersama 1,7 juta orang lebih bisa diulang. Lantas, apa yang ditawarkan sekuel ini kepada penikmat film Indonesia?

Si Doel The Movie 2 hendak menjawab banyak pertanyaan di jilid sebelumnya. Doel (Rano) pulang dari Belanda bersama Mandra (Mandra). Ia membawa berkas gugatan cerai Sarah (Cornelia). Di sisi lain, kehadiran Doel mencairkan kebekuan hati putranya, Abdullah (Rey) yang selama ini merindu ayahnya. Pertemuan dengan Sarah dan Abdullah membuat hati Doel galau. Berkas gugatan cerai Sarah semula disembunyikannya dari Zaenab (Maudy).

Doel tak mampu menutupi hal ini lebih lama. Ia lantas mengaku kepada Zaenab, selama di Belanda, ia bertemu Sarah dan putranya. Hati Zaenab hancur. Atun (Suty) mencoba menyemangati Zaenab agar memperjuangkan hak dan cintanya. Rupanya, Mak Nyak (Aminah) mengendus masalah ini. “Doel, Mak memang buta. Tidak bisa melihat apa-apa lagi. Tapi Mak bisa merasakan suara Zaenab yang bergetar,” ujar Mak Nyak suatu siang. Belum selesai masalah ini, Abdullah dan Sarah mendadak pulang ke Jakarta.

Tahun lalu, Si Doel The Movie fokus pada pencarian Doel terhadap Sarah dan anaknya. Tahun ini, Doel menghadapi sejumlah konsekuensi pertemuannya dengan anak dan istri sah. Salah satunya, reaksi Zaenab sebagai istri siri. Sepasrah apapun, Zaenab tetaplah manusia yang punya hati. Dalam diam, ia menggugat pertemuan diam-diam Doel dengan Sarah. Semula Zaenab diam, lalu pamit untuk menemui ibunya tanpa mau diantar suami.

Puncaknya di Si Doel The Movie 2, Zaenab menanyakan nama anak Sarah kepada Doel serta jari yang berdarah. Ia tersenyum mendengar jawaban Doel namun senyum itu pahit. Ia menangis saat mendengar percakapan Sarah dan ini terasa makin menyakitkan. Sepanjang film, performa Maudy menguasai hati penonton. Menyenangkan melihat Maudy mempresentasikan beragam ekspresi, meski mayoritas nelangsa. Zaenab yang selama ini dikenal pasrah, mencoba menggugat dan mempertahankan miliknya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Performa Menawan Maudy

Selain performa Maudy yang menawan, apresiasi layak diberikan kepada Aminah Cendrakasih. Jika di jilid pertama, ia mengundang simpati karena kondisinya yang tak berdaya. Kali ini, Mak Nyak memperlihatkan daya lewat pernyataan sikap soal perilaku putranya hingga opini poligami. Mak Nyak mendapat peran penting yakni ikut menentukan sikap tokoh utama dalam masa krisis. Inti Si Doel The Movie 2 adalah pernyataan sikap dari mereka yang selama ini tak berdaya.

Tanpa inti yang jelas dan momen besar seperti kepulangan Sarah yang membuat Zaenab berani bersikap, film ini akan menjadi sinetron yang dipaksakan hijrah ke layar lebar. Momen besar ini dikemas sederhana, sehingga penonton mudah masuk untuk merasakan dunia Doel yang rumit. Unsur drama di jilid ini lebih kuat dari pendahulunya. Seperti biasa, sedrama apa pun hidup Doel, tetap akan cair berkat polah Mandra dan Atun.

Mandra memantik tawa lewat hal-hal kecil dari pura-pura tidur hingga kirim foto lewat aplikasi WhatsApp. Kisah cinta segitiga ala Doel telah menahun dan terasa kusut. Yang bukan pengikut setia Si Doel tentu berpikir, “Yaelah, menentukan pilihan saja rumit amat sampai bertahun-tahun.” Namun jika ditilik lebih dekat, kita bisa merasakan pertentangan batin setiap karakter termasuk sebab akibat dari pilihan yang sekilas sepele ini.

3 dari 3 halaman

Nostalgia

Yang menyita perhatian di jilid ini memang peran Aminah dan Maudy. Namun kehadiran sejumlah tokoh lawas menciptakan efek nostalgia tersendiri. Jika Anda peka, tentu bisa melihat potensi karakter baru di jilid berikutnya. Si Doel The Movie 2 terasa lebih dramatis, genting, tanpa mengabaikan selera humor merakyat yang selama ini menjadi ciri khasnya. Semoga di jilid ketiga nanti, Doel segera menentukan sikap dan memulai babak baru hidupnya dengan masalah yang lebih segar.

Dengan basis penggemar garis keras, mudah saja bagi Si Doel The Movie untuk merangkul sejuta penonton pertengahan tahun ini. Kekuatan film ini terletak pada karakter familier dan melegenda, cerita kuat, dan pengemasan yang setia pada serial televisi. Anda pun bisa kangen-kangenan dengan beberapa cuplikan sinetron Si Doel Anak Sekolahan yang dulu mengudara di era 1990-an. (Wayan Diananto)

Film Si Doel The Movie 2

Pemain: Rano Karno, Maudy Koesnaedi, Cornelia Agatha, Mandra, Suti Karno, Aminah Cendrakasih, Rey Bong, Adam Jagwani

Produser: Frederica

Sutradara: Rano Karno

Penulis: Rano Karno

Produksi: Falcon Pictures, Karnos Film

Durasi: 1 jam, 35 menit

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini