Sukses

Belajar dari YouTube, Begini Aksi Dede Richo Saat Mencuri

Dede Richo diamankan polisi terkait kasus dugaan pencurian bersama kakaknya.

Liputan6.com, Jakarta - Finalis Indonesian Idol 2008, Dede Richo, ditangkap Tim Vipers Polsek Serpong. Dede diamankan polisi terkait kasus dugaan pencurian bersama kakaknya.

Kepada polisi, Dede Richo mengaku sudah 10 kali menjalankan aksinya sebagai pencuri. Hal itu dilakukan Dede untuk menyambung hidup dan membiayai sekolah anaknya.

"Buat biaya anak sekolah di pesantren, sekarang sudah tidak bekerja. Tadinya menyanyi," ucap Dede Richo.

Sebelum mencuri, Dede Richo membiayai keluarganya dengan bernyanyi. Namun belakangan, profesi menyanyi ditinggalkannya sama sekali usai mendapat cara membobol kendaraan (mencuri).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ketagihan

Dede mengaku belajar membobol kendaraan dari video di YouTube. Aksi pertama yang dilancarkan pun berhasil. Sejak saat itu dia seperti ketagihan hingga beraksi sebanyak 10 kali.

"Belajar dari YouTube, terus dipraktikkan. Saya di sini eksekutor, abang saya jokinya," kata dia.

3 dari 3 halaman

Pecahkan Kaca Mobil

Kapolres Tangerang Selatan, AKBP Ferdy Irawan, pun menjelaskan cara Dede Richo ketika melancarkan aksinya. Usai mendapatkan target, Dede biasanya melakukan pencongkelan kaca mobil.

Namun jika tidak memungkinkan, ia memakai cara lain dengan memecahkan kaca mobil menggunakan keramik dan busi. Setelah kaca pecah, ia tinggal mengambil barang yang disimpan korban di dalam mobil.

"Pelaku melakukan perbuatannya dengan cara mencongkel kaca mobil atau memecahkan kaca mobil dengan pecahan keramik dan busi atau mencongkel dengan mata besi yang sudah dimodifikasi. Setelah pecah, pelaku kemudian mengambil barang milik korban yang ada di dalam mobil," ucap AKBP Ferdy Irawan, seperti dilansir Liputan6.com dari Merdeka.com, Kamis (20/9/2018).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini