Sukses

6 Bulan Tahap Pertama Pengobatan Anak, Denada Tak Bisa Kerja

Selama 24 jam setiap hari Denada mendampingi Shakira, anaknya yang sedang berobat di Singapura.

Liputan6.com, Jakarta Sudah dua bulan Denada menetap di Singapura. Penyanyi yang awalnya dikenal sebagai rapper ini mendampingi Shakira, putri semata wayangnya yang sedang berjuang melawan penyakit leukemia.

Shakira sedang menjalani pengobatan di National University Hospital, Singapura. Meski tak setiap hari dirawat di rumah sakit dan tinggal di apartemen, Denada tetap tak bisa jauh dari sang putri.

"Sudah dua bulan ini Denada enggak bisa manggung," ungkap Emilia Contessa, ibunda Denada, saat dihubungi Liputan6.com, beberapa waktu lalu.

Selama tinggal di Singapura, sejumlah kontrak kerja Denada, entah manggung atau aktivitas lain, terpaksa dibatalkan.

"Tapi, kayaknya minggu ini atau minggu depan dia mau ke Jakarta. Mungkin entar yang jaga Shakira gantian mantan suami Dena. Tapi, saya belum bisa memastikan juga," kata Emilia yang juga dikenal sebagai penyanyi top di era tahun 1970-an.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Tahapan Pengobatan

Emilia Contessa menjelaskan, saat ini cucunya sedang menjalani tahapan pertama pengobatannya selama enam bulan pertama.

"Baru dijalani dua bulan. Ya begini cara pengobatannya, ada kemoterapi. Paketnya selama 6 bulan pertama ini. Nanti dilihat lagi perkembangannya. Sel kankernya, baru ke tahap selanjutnya," ungkap pelantun tembang "Setangkai Anggrek Bulan" tersebut. 

Seminggu pertama Shakira dirawat di Singapura, Emilia sempat menemani Denada. "Tapi, saya balik lagi ke Jakarta. Ada pekerjaan dan saya enggak kuat setelah itu seperti kena psychosomatic," ujar Emilia.

3 dari 5 halaman

24 Jam di Apartemen dan Rumah Sakit

Masa-masa awal menetap di Singapura, Shakira memang menjalani perawatan intensif, seperti tindakan kemoterapi. Namun belakangan, pengobatan itu bisa dilakukan secara rawat jalan. Makanya, Denada menyewa apartemen tak jauh dari rumah sakit.

"Peraturan dari dokter yang mengobati kayak gitu. Enggak dirawat di rumah sakit, tapi harus diawasi keadaannya. Rumah atau apartemen enggak boleh jauh dari rumah sakit. Kalau ada apa-apa bisa cepat. Seperti kemarin, tiba-tiba suhu tubuh Shakira naik sampai 40 derajat, dia harus dibawa ke rumah sakit. Dia harus diobservasi lagi," kata Emilia.

4 dari 5 halaman

Tak Bisa Kerja

Alhasil, Denada terpaksa tidak bisa bekerja karena harus 24 jam mengurus Shakira. Sejumlah kontrak kerja yang sudah kadung ditandatangani terpaksa dijadwal ulang.

"Ini keadaan darurat. Tapi, setahu saya ada juga kerjaan yang benar-benar tak bisa ditinggalkan, mungkin nanti akan dikerjakan Dena. Dia akan ke Jakarta sebentar. Biar bagaimanapun dia juga harus kerja kan. Biaya untuk pengobatan Shakira tak sedikit," kata Emilia.

Diketahui, Kamis (2/8/2018) Denada berada di Jakarta untuk menyelesaikan kontrak kerja.

5 dari 5 halaman

Gantian dengan Mantan Suami

Jika Denada benar-benar harus ke Jakarta, kemungkinan Jerry Aurum, mantan suaminya, yang akan menjaga Shakira. "Gantian dengan Jerry kayaknya," kata Emilia. 

Soal biaya pengobatan selama ini Dena menanggung sendiri. Apakah ada sumbangan dari Jerry?

"Ada kayaknya. Tapi saya enggak tahu detail ya. Saya cuma tahu apa yang dilakukan anak saya sendiri. Dia jual apartemen, berapa biaya yang sudah dikeluarkan, Dena cerita semua," kata Emilia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.