Sukses

Susul Rekan-rekannya, 3 Aktor Korea Selatan Ini Terlibat Kasus Pelecehan Seksual

Liputan6.com, Jakarta - Awal tahun ini, sempat muncul empat nama aktor Korea Selatan yang terlibat kasus pelecehan seksual. Secara mengejutkan, beberapa aktor lainnya juga baru saja diketahui mengalami kasus yang sama.

Kebanyakan aktor yang terlibat kasus pelecehan seksual ini juga berprofesi sebagai dosen di beberapa universitas di Korea Selatan.

Sebelumnya, aktor Korea Selatan Jo Min Ki, aktor Jo Jae Hyun, aktor Choi Il Hwa, dan juga aktor Han Myung Goo, memberikan pernyataan resmi tentang kasus pelecehan seksual yang menyeret nama mereka.

Berikut aktor-aktor yang menyusul rekan-rekannya dalam kasus pelecehan seksual dan telah mengakui perbuatannya.

1 dari 4 halaman

1. Choi Yong Min

Aktor Choi Yong Min yang juga diketahui berprofesi sebagai dosen di Universitas Myongji, mengaku telah melakukan pelecehan seksual terhadap seorang wanita di taksi. Kepada komunitas online, wanita ini mengaku bahwa sehari setelahnya, Choi Yong Min mengirimnya sebuah pesan permintaan maaf.

Jadi, ia memutuskan untuk membiarkan masalah itu. Setelah kejadian tersebut, ternyata dia terus menerus mendengar dari beberapa orang lainnya yang mengaku dilecehkan oleh Choi Yong Min. Akhirnya dia memutuskan untuk membagikan kesaksiannya.

Dilansir dari Soompi, pihak dari Choi Yong Min memberikan respon dengan mengeluarkan pernyataan resmi dari sang aktor. "Saya menundukkan kepala sebagai permintaan maaf kepada orang-orang yang telah dirugikan oleh tindakan saya secara tidak layak. Saya tidak akan membuat alasan. Itu adalah semua salah saya," tulisnya.

Karena tindakannya ini, Choi Yong Min akhirnya mengundurkan diri dari jabatannya sebagai dosen. Ia juga akan menghentikan semua kegiatannya sebagai aktor.

2 dari 4 halaman

2. Oh Dal Soo

Aktor Oh Dal Soo sebelumnya menampik tuduhan pelecehan seksual yang ditunjukkan kepadanya. Seperti dilansir dari Soompi, dalam komunitas online, seseorang menuliskan bahwa Oh Dal Soo melakukan pelecehan seksual kepada juniornya saat di teater Busan.

Setelah ia menampik semua tuduhannya, salah satu aktris bernama Uhm Ji Young datang ke JTBC "Newsroom" untuk memberikan kesaksiannya bahwa ia juga salah satu korban Oh Dal Soo.

Dalam wawancaranya yang dikutip dari Soompi, Uhm Ji Young mengatakan, "Aku kira Oh Dal Soo akan meminta maaf. Tapi daripada meminta maaf, dia berakting seperti kejadian ini tidak pernah terjadi karena laporan itu anonim. Aku tidak bisa memaafkannya," ujarnya.

Setelah pengakuan aktris Uhm Ji Young ini, Oh Dal So memberikan lagi pernyataan resminya sekaligus permintaan maaf untuk Uhm Ji Young. "Aku akan merefleksikan diri dan melihat ke belakang dalam kehidupanku. Aku akan hidup dengan hati yang menyesal. Dan terakhir, Aku tidak akan menghindari konsekuensi dari tindakanku," tulisnya.

Ia juga melanjutkan, "Aku juga meminta maaf kepada mereka yang terluka untuk kedua dan ketiga kalinya karena aku. Aku telah menyakiti orang-orang yang telah memberiku begitu banyak dukungan," tutupnya. Karena kabar pelecehan seksualnya ini, Oh Dal Soo akhirnya meninggalkan perannya dalam drama TVN "My Ahjussi".

3 dari 4 halaman

3. Kim Tae Hoon

Aktor Kim Tae Hoon yang berprofesi sebagai dosen di Sejong University juga dilaporkan telah melakukan pelecehan seksual terhadap mahasiswinya. Dalam postingan anonim yang dibuat pada halaman Facebook, seorang wanita menceritakan pengalamannya dengan aktor Kim Tae Hoon dan peristiwa-peristiwa yang mengarah ke pelecehan seksual.

Setelah tersebarnya kasus tersebut, ia memberikan permintaan maafnya dan mengumumkan pengunduran dirinya dari posisi dosen di Sejeong University. "Aku ingin mengungkapkan permintaan maaf yang mendalam kepada wanita yang mengatakan dia merasa takut karena aku," ujarnya.

Seperti yang dikutip dari Soompi, dalam pernyataan resminya, Kim Tae Hoon juga mengungkapkan bahwa dirinya akan mengundurkan diri dari jabatan dosennya di Universitas Sejong. Ia juga menambahkan, "Dan aku akan menarik diri dari semua kegiatan-kegiatanku termasuk di industri teater, serta meninggalkan semua posisiku," ungkapnya.

Artikel Selanjutnya
Samsung Bersiap Garap Ponsel 5G
Artikel Selanjutnya
Eks Presiden Korea Selatan Dijatuhi Hukuman 30 Tahun Penjara