Sukses

Film Dilan 1990 Setia dengan Alur Novel, Masih Menarik?

Liputan6.com, Jakarta - Kehadiran film Dilan 1990 sudah begitu dinantikan penikmat film Tanah Air, terutama pecinta novelnya. Namun tahukah, bahwa di awal pemberita novel karangan Pidi Baiq itu akan difilmkan, protes dari penggemar setia novel Dilan mengalir deras.

Penggemar Dilan khawatir filmnya akan banyak dibumbui, hingga membuat alur cerita keluar dari penuturan dalam novelnya. Sebagai penulis, Pidi Baiq juga menginginkan hal yang sama. Ia pun memberi pengawasan agar kekhawatiran ini tak terjadi.

Pidi Baiq memberi syarat kepada produser Max Picture sebagai rumah produksi, agar menyelaraskan alur cerita novel dengan filmnya seidentik mungkin.

"Iya, memang Kang Pidi konsepnya sederhana. Dia ingin apa yang ada di novel tidak ada yang berubah secara konten maupun cerita," kata Ody Mulya Hidayat, usai acara press screening Dilan 1990, di CGV Grand Indonesia, Selasa (16/1/2018).

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Atas Persetujuan

(Liputan6.com/Fatkhur Rozaq)

Maka, bila ada adegan dalam filmn yang ingin ditambah, atau kreativitas yang ingin dimasukkan, harus berdasarkan diskusi dan persetujuan dari Pidi Baiq. Dan dari sinilah kerja sama dengan tim produksi juga terbangun.

"Untuk itu kita harus kompromi. Tetap alur cerita tidak berubah, kalau pun mau ada yang ditambah, itu lebih kepada masukan-masukan dari Ayah Pidi, kita kompromi. Itu jadi chemistry untuk kita bekerja sama," jelas Ody.

3 dari 3 halaman

Tak Semua Adegan Dimasukkan

Meski alur cerita tak dibedakan dari novelnya, namun ada penuturan dalam novel yang tak bisa diangkat ke dalam filmnya. Alasannya, tentu untuk mempersingkat durasi.

"Pas ditawarin garap wah senang banget. Enggak ngomong lama, enggak mikir lama-lama, langsung 'iya'. Penginnya apa yang saya baca itu keluar semua (dalam film). Tapi inilah film, kita tidak seluas novelnya yang bisa beratus-ratus halaman," jelas sang sutradara, Fajar Bustomi.

Walau begitu, Pidi Baik tak kecewa dengan hasil akhirnya. "Tapi kemarin sempat nonton berdua sama ayah Pidi dia happy banget," ucapnya.

Dilan 1991 dibintangi oleh Iqbaal sebagai Dilan, Vanesha Prescila sebagai Milea, dan banyak lagi. Film ini akan tayang di bioskop Tanah Air mulai 25 Januari 2018.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS