Sukses

Ike Kartiwa Gandeng Sam Bimbo Jaga Kesenian Sunda

Ike Kartiwa terpanggil untuk melestarikan dan mempertahankan budaya Sunda.

Liputan6.com, Jakarta - Tak mudah menjaga warisan budaya bangsa. Hal itu diakui oleh Ike Kartiwa, penggiat kesenian Sunda yang berusaha mempertahankan eksistensi seni asli Jawa Barat di tengah tren musik digital.

Karena itu, bersama organisasi Lintas Citra Indonesia (LCI) Jawa Barat, Ratu Ike Kartiwa berusaha untuk merangkul kembali perhatian masyarakat Jawa Barat untuk menjaga kesenian khas Sunda.

Ratu Ike Kartiwa

"LCI Jabar memiliki peran penting untuk melestarikan seni budaya Sunda agar tidak punah," kata Ratu Ike Kartiwa.

Ia juga melibatkan seniman dan musisi asli Sunda untuk bergabung melestarikan kesenian daerah. Rencananya, Ratu Ike Kartiwa akan lebih dulu menggandeng Sam Bimbo. 

"Kang Sam Bimbo sebagai penasehat untuk kemajuan LCI di bidang seninya," tutur perempuan yang menjabat sebagai Ketua DPD LCI Jabar itu.

Sam Bimbo [Foto: Sapto Purnomo/Liputan6.com]

Nantinya, masih kata Ratu Ike Kartiwa, Sam Bimbo akan dihadirkan dalam pengukuhan pengurus LCI Jabar di Pasar Baru Square Hotel, Jalan Otto Iskandar Dinata, Bandung pada 26 Maret 2017. Proses pengukuhan berlangsung bertepatan dengan digelarnya pertunjukan Peduli Seni Budaya.

"Selain dimeriahkan oleh Kang Sam Bimbo, acaranya nanti juga menghadirkan penari dan pemain suling kecapi dari Ukraina. Ini sekaligus memperlihatkan kepada kita semua, kalau negara lain mau melestarikan kesenian Sunda, kenapa orang asli Sundanya enggak," dia mengakhiri.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini