Sukses

Glenn Fredly dan Melanie Subono Akan Dikirim ke Hutan

Melanie Subono, Glenn Fredly dan sejumlah artis akan melihat secara langsung masalah yang yang terjadi di hutan Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Kondisi hutan Indonesia kini cukup memprihatinkan. Banyak penebangan liar serta pembakaran hutan yang dilakukan oleh individu atau kelompok, untuk mendapatkan uang dengan mengorbankan ekosistem yang ada.

Ternyata, hal tersebut membuat beberapa musisi kenamaan Tanah Air seperti; Glenn Fredly, Astrid, Melanie Subono, Eva Celia, Alam Urbach, yang tergabung dalam Musika Foresta, tergugah untuk menciptakan lagu tentang kondisi hutan sekarang ini.

Melani dinilai sebagai reperesentasi perempuan muda Indonesia yang memiliki kepedulian terhadap masalah kesehatan, lingkungan dan hak asasi manusia Liputan6.com/Panji Diksana).

Yang menarik, sebelum membuat lagu mereka akan benar-benar menyambangi hutan."Kami minta tolong buatkan lagu. Sebelum bikin lagu, kami ajak ke hutan. Mereka ke lima hutan berbeda. Alam Urbach akan buat lagu kolaborasi. Kami meminta lagu itu kena di hati anak muda Indonesia," ujar pendiri program Musika Foresta, Roxanna Rufolda Silalahi (Riry) ditemui saat jumpa pers di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (19/1/2017).

Melanie Subono mengatakan, media lagu jadi cara jitu untuk mengingatkan masyarakat Indonesia akan pentingnya Hutan. Sebab, musik lebih mudah diterima orang banyak ketimbang berorasi.

"Musik itu lebih didengar banyak orang daripada dari hal yang berat. Banyak orang mengenal hutan dari gerakan menarik. Kayak gerakan lari. Ini sebagai bentuk pengenalan yang lebih seksi. Mereka merasakan hutan tanpa hanya baca," ujar Melanie Subono.

Astrid (tengah) memberikan keterangan saat konferensi pers Pesta Rakyat Konser Kemerdekaan di kawasan Senayan, Jakarta, Senin (15/8). Konser Kemerdekaan ini merupakan bagian dari rangkaian perayaan HUT RI ke-71. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Senada dengan Melanie Subono, Astrid senang bisa ikut bagian dalam Musika Foresta. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengingatkan masyarakat akan pentingnya hutan. Namun dengan lagu, dirasa lebih efisien buat pelantun "Cinta Itu".

"Setiap orang dapat melakukan sesuatu buat hutan, salah satunya dengan lagu yang mudah untuk dimengerti dan pesan positifnya lebih kena gitu," kata Astrid.

Nantinya, Glenn Fredly akan menyambangi Taman Nasional Manusela, Maluku. Eva Celia ke Taman Nasional Leuser, Langkat Sumatra Utara. Astrid akan mengunjungi hutan Nagari Suangi Buu dan Kato Baru, Sumatra Barat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.