Sukses

Penampilan Group B di D`Academy Asia 2 Diwarnai Adu Komentar Juri

Liputan6.com, Jakarta Indosiar kembali melanjutkan Top 36 Dangdut Academy Asia 2 atau D'Academy Asia 2. Setelah Catty Rahman (Singapura) dan Jerry Kong harus tereliminasi dari Group A Selasa (26/10/2016) malam, kali ini giliran Group B yang harus tampil.

Di grup ini, Indonesia diwakili Weni, juara 2 Dangdut Academy 3. Weni harus berebut tiket ke 24 Besar melawan 5 kontestan lain dari 5 negara. Group B mulai tampil Rabu (26/10/2016) tadi malam, sementara Konser Result digelar Kamis (27/10/2016) malam ini.

Lantas dari Group B, siapa peserta yang tampil terbaik dan mendapat nilai tertinggi? Dan adakah momen menarik yang terjadi di Group B? Berikut ulasannya.

Jumpa pers Dangdut Academy Asia 2 (Foto: Liputan6.com/ Fatkhur Rozaq)

Duta Indonesia, Weni sekali lagi jadi kontestan yang paling banyak mendapat pujian dari para komentator. Menurut Iis Dahlia, Weni yang menyanyikan lagu "Bum Bum", memiliki teknik vokal sangat bagus. Hal ini diamini komentator asal Malaysia, Mas Idayu yang mengatakan Weni sangat terbantu pilihan lagunya yang pas dengan warna suaranya tersebut.

Namun hal sebaliknya justru diungkap Bunda Hetty Koes Endang. Juri tuan rumah ini mengkritik cara bernyanyi Weni yang cenderung ala 'pop song festival', bukan kompetisi dangdut. Bunda Hetty meminta Weni lebih berhati-hati memilih lagu untuk penampilan selanjutnya.

Meski begitu, Weni sukses memuncaki klasemen sementara. Ia meraup total jumlah poin sebesar 527 angka. Posisi Weni dibayangi perwakilan Malaysia, Roger Kajol, dengan selisih 23 poin.

Sementara di urutan ketiga ada Maria Vitoria. Ada hal menarik saat proses penjurian terhadap kontestan asal Timor Leste ini.

Saat juri pertama yang berasal dari Thailand, Sukree Mamagh memberikan penilaian, para komentator langsung menginterupsi hasil akhir. Perlu diketahui, Sukree memberi nilai terendah pada Maria dengan 78 poin. Sementara untuk Ryana Munap (Brunei) dan Nasree Karae (Thailand), ia berikan 82 poin.

Namun, menurut 3 komentator; Iis Dahlia, Mas Idayu, dan Rosalina Musa (Singapura), penampilan Maria jauh lebih baik dari Ryana dan Nasree. Tak seharusnya justru Maria yang mendapat nilai terendah. Tiga komentator ini meminta sang juri lebih teliti dan lebih objektif lagi dalam memberi penilaian terhadap para kontestan.

Untuk Maria sendiri, untungnya 5 juri dari 5 negara lain memberi nilai bagus untuknya. Hingga akhirnya di akhir Maria yang membawakan lagu Tersisih milik Rita Sugiarto ini bisa mengumpulkan poin total sebanyak 489. Hasil poinnya bahkan mengungguli Ryana (468), Fyda Tahir (Singapura, 467), dan Nasree (446).

Finalis D Academy 3 asal Pontianak, Weni saat menyanyikan lagu di Panggung Kemenangan di Studio 5 Indosiar, Jakarta, Sabtu (28/5). Ical unggul pengumpulan polling sms 54.8% dari finalisasal Pontianak, Weni. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Kalau dilihat dari perolehan poin sementara, wakil Singapura rasanya harus berhati-hati jika tak mau tersingkir kembali. Penentuan dua kontestan yang akan dieliminasi sendiri baru akan diketahui setelah enam kontestan ini tampil lagi di Konser Result malam ini.

Mungkinkah wakil Singapura bakal tersingkir lagi mengikuti rekan-rekannya di Group A? Saksikan Konser Result Group B Top 36 Dangdut Academy Asia 2 malam ini mulai pukul 18.00 WIB, hanya di Indosiar.