Sukses

Singkirkan Dugem, Ricu Sukses Lolos ke Babak 6 Besar DA Celebrity

Konser 8 Besar digelar Sabtu (21/5/2016) ini masih menyisakan Grup B untuk menentukan tiga selebriti yang akan masuk Top 6.

Liputan6.com, Jakarta Selepas gemerlap rangkaian Grand Final Dangdut Academy 3 yang berlangsung Kamis-Jumat kemarin, Indosiar kembali melanjutkan Dangdut Academy.

Konser 8 Besar digelar Sabtu (21/5/2016) ini masih menyisakan Grup B untuk menentukan tiga selebriti yang akan masuk Top 6. Di Grup ini masih bercokol Rafael Tan, Ihsan Tarore, Ricky Cuaca, dan duet Mosidik-Rony Dozer.

Ricky Cuaca [Foto: Panji Diksana/Liputan6.com]

Duet yang memakai nama panggung Dugem ini menjadi penampil pertama. Tadi malam, mereka membawakan lagu Mbah Dukun. Seperti biasa, penampilan Dugem selalu menghibur dan atraktif. Hits yang melejitkan nama Alam di panggung musik dangdut ini, dinyanyikan Dugem dengan pembagian suara yang tak cukup merata. Hal ini jadi sorotan Bunda Hetty Koes Endang dalam komentarnya.

Sementara itu, dianggap selalu bermain aman, Ihsan mencoba tantangan bernyanyi lagu India, berjudul Muskurane. Nyatanya, ia masih juga menampilkan performa bagus. Namun, Soimah menekankan Ihsan tak cukup bersuara bagus dan aman, tapi juga harus bisa memainkan dinamika pada lagu. Meski begitu, Soimah memberi nilai 9,9 pada penampilan Ihsan malam ini.

 

Seperti Ihsan, Rafael juga menyanggupi tantangan bernyanyi lagu nge-beat. Lagu milik Ridho Irama, Let's Have Fun Together dipilih Rafael untuk dinyanyikan di babak 8 besar ini. Menurut Inul, kali ini Rafael memilih lagu yang sesuai dengan style dan basicnya sebagai anggota boy band dulu. Hanya satu masalah saja, Rafael harus mengatur teknik pernafasan.

Penampilan terakhir dipersembahkan Ricky Cuaca atau akrab disapa RiCu. Masih banyak fals dibeberapa part, RiCu diminta belajar lebih keras untuk menghilangkan pitching lagu oleh juri asal Malaysia, Mas Idayu. Namun, Soimah mengatakan penampilan RiCu malam ini cukup aman untuk keseluruhan.

Dangdut Academy 3 Celebrity (Vidio.com)

Meski mendapat pujian, RiCu justru lagi-lagi harus berada di posisi bottom two. Dugem juga harus melalui babak vote dewan juri karena masuk bersama RiCu di posisi tidak aman. Dua kontestan lain, Rafael memimpin polling SMS terakhir dengan 30,7%, dibuntuti Ihsan dengan raihan 29,2%.

Di babak vote ini, Dugem hanya mendapat dua lampu gambar dan tiga tanda silang. Sementara, RiCu berhasil menyabet satu lampu gambar lebih banyak. Dengan hasil ini, RiCu pun bisa lolos ke babak 6 besar. Data SMS terakhir juga menguatkan posisi RiCu. Ia ada di posisi ketiga karena mendapat 21,8%. Dugem di urutan terakhir dengan SMS sebanyak 18,3%.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.