Sukses

Pesan Terakhir Nirin Kumpul untuk Bang Ocid

Kedekatan antara Nirin Kumpul dan Bang Ocit diperlihatkan termasuk pada akhir hayatnya.

Liputan6.com, Jakarta Meninggalnya seniman Betawi Nirin Kumpul mengagetkan banyak pihak. Tak sedikit dari masyarakat yang merasa kehilangan sosok seniman yang telah melanglang buana di dunia lenong betawi.

Nirin Kumpul sudah mengisyaratkan kepergiannya kepada sang anak, Ucup Nirin atau bang Ocid. Kabarnya, Nirin Kumpul sudah memberi wejangan terhadap sang anak yang sama-sama menggeluti dunia lenong.

Ucup Nirin alias Bang Ocid

Saat dihubungi Liputan6.com, Minggu, (20/3/2016), Bobby Maulana, sahabat Ucup Nirin mengungkapkan rasa kehilangan sosok 'bapak' dalam diri Nirin Kumpul. "Babe (bapak) itu emang udah sakit-sakitan. Sekitar tiga atau empat bulan yang lalu bertemu, masih sehat, masih bisa bercanda-canda," ungkapnya.

Nirin Kumpul pun kabarnya sudah memberi pesan untuk Bang Ucup. "Bang Ucup tadi cerita sama saya, katanya kemarin, babe kasih pesan-pesan untuknya. Kata babe, 'pokoknya, cup, lenong semuanya udah atas nama Ucup, sanggar dan yang lainnya. Babe selalu nemenin Ucup di belakang,' Bang Ocid juga kaget, dia merasa babe aneh bisa ngomong gitu. Karena sebelumnya, babe ngomongnya udah tidak jelas. Tapi tiba-tiba bisa ngomong jelas dan bicara seperti itu," ungkap Bobby.

Nirin Kumpul saat bersama murid-muridnya di sanggar Betawi asuhannya (Twitter Mαsoara Effendi )

Tak lama berselang dari pesan ayahnya tersebut, Ucup Nirin pun harus kehilangan ayah dan sosok panutannya dalam berkarya.  Bang Ocid tidak mempunyai firasat buruk apa-apa sebelum kepergian sang ayah. Hanya saja, kesehatan ayahnya memang menurun terus.

Karena tidak mempunyai perasaan apa-apa, Bang Ucup pun sempat menghadiri tur ubur-ubur di beberapa titik di Jakarta pada Minggu siang. Sehabis pulang dari tur, kabarnya kesehatan sang ayah tampak buruk dan menurun. Sebelum akhirnya Nirin Kumpul menghembuskan napas terakhir di rumahnya di Jl. Bojong Sari Baru RT/RW 02/05, Minggu (20/3/2016) pukul 20.00 WIB. Jenasah Nirin akan dimakamkan Senin (21/3/2016) , pukul 09.00 WIB.(Est/Des)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini