Sukses

10 Artis K-Pop yang Berhasil Tembus ke Billboard

Liputan6.com, New York Hallyu Wave atau Korean wave memang tengah merajalela. Eksistensi artis asal negeri ginseng itu tak hanya sebatas korea Selatan saja atau Asia, tapi juga hingga ke berbagai negara lainnya di dunia, termasuk Amerika. Bahkan, penyani dan musisi K-Pop berhasil menorehkan prestasi di tangga lagu ternama dunia Billboard.

Tak hanya itu, mereka juga kerap kali disandingkan dengan penyanyi ternama dunia, seperti Justin Bieber hingga Lady Gaga. Album mereka berhasil terjual dengan angka yang besar. Siapa saja mereka?

Baca juga:

10 Seleb Wanita Korea Terpopuler 2015

10 Aktor Korea Terpopuler 2015

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 11 halaman

Big Bang

Big Bang

Big Bang dengan album ALive yang dirilis 2012 silam berhasil masuk dalam Billboard 200 di posisi 150. Big Bang dengan lagu fenomenalnya Fantastic Baby itu sempat menjadi buah bibir dengan karya tersebut.

Lagu milik Big Bang bertajuk Fantastic Baby mulai dilirik film Hollywood hingga digunakan sebagai lagu tema.

Alasannya, Big Bang berhasil mengalahkan Justin Bieber dengan album Believe. Hingga kini, Fantastic Baby masih menempati posisi khusus di hati penggemar, menjadi salah satu lagu tema di Pitch Perfect 2.

Baca juga: Lagu Milik Big Bang Mulai Dilirik Film Hollywood

3 dari 11 halaman

EXO


EXO

EXO dengan Overdose yang rilis 2014 juga berhasil menorehkan prestasi dengan berada di posisi 129 dalam Billboard 200. Padahal, EXO tak pernah melakukan promosi di Amerika Serikat.

Bahkan, EXO dengan single andalannya di album dnegan judul yang sama, Overdose juga berhasil menjerat perhatian dari penggemar K-Pop. Lagu tersebut telah ditonton 77.992.583 orang di situs berbagi video Youtube. Di video overdose, EXO terlihat menggunakan konsep yang memang biasa digunakan artis asuhan SM Entertainment berupa latar belakang meriah yaitu lighting LED.

Baca juga: 10 Lagu K-Pop Terbaik Sepanjang 2014

4 dari 11 halaman

BoA

BoA

BoA yang dapat sebutan Princess of K-Pop itu berhasil mendarat di Billboard 200 menempati posisi 127 dengan album yang sama dengan namanya, BoA. Album itu memang sempat dipasarkan di Amerika Serikat.

Album itu dirilis 2009 silam. BoA adalah artis K-Pop pertama yang berhasil masuk ke deretan tangga lagu ternama dunia Billboard saat itu.

5 dari 11 halaman

TaeTiSeo

TaeTiSeo

TaeTiSeo merupakan sub-uni Girls Generation terdiri dari Taeyeon, Tiffany dan Seohyun, debut dengan mini-album Twinkle 2012 silam. Tka sangka, album itu mendapatkan sambutan hangat dari penikmat K-Pop.

Twinkle berhasil masuk dalam deretan tangga lagu ternama terbail Billboard 200, posisi 126. Album itu disebut sebagai salah satu album dalam bahasa Korea yang masuk di Billboard, kala itu.

6 dari 11 halaman

Taeyang

Taeyang

Taeyang, personel big Bang dengan album solo Rise berhasil masuk ke deretan tangga lagu dunia Billboard 200, menempati posisi 112. Lagu andalan Eyes, Lips, Nose dianggap menjadi penyebab album milik Taeyang laris manis.

Dalam jangka waktu 3 jam setelah dirilis 2014 silam, lagu Eyes, Nose, Lips milik Taeyang langsung masuk dalam deretan tangga lagu terbaik di Korea, di antaranya Melon, Mnet, Olleh Music, Naver Music, Daum Music. Lagu itu juga membuat Taeyang Taeyang berhasil membawa pulang penghargaan tertinggi di Golden Disk Awards yang ke 29.

7 dari 11 halaman

Girls Generation

Girls Generation

SNSD atau lebih dikenal sebagai Girls Generation mengukuhkan sebagai salah satu girlband K-Pop dengan album Mr.Mr yang rilis 2014 silam. Album itu berhasil masuk ke Billboard 200, posisi ke 110.

Dengan lagu andalannya, Mr.Mr yang hingga kini videoklipnya ditonton penggemar K-Pop, dengan 50,900,806 orang di situs berbagi video YouTube. Video Mr.Mr mengambil tema yang unik dengan personel Girls Generation sebagai praktisi kesehatan, dokter hingga perawat feminin dengan baju praktek berwarna pink. Selain itu, konsep boyish juga diambil dalam kostum tuksedo.

8 dari 11 halaman

EXO

EXO

EXO dengan Exodus yang dirilis 2015 mmebuat boyband asuhan SM Entertainment itu kembali menorehkan prestasi di Billboard. Padahal, EXO baru saja kehilangan dua personelnya, Kris dan Luhan yang hengkang tak lama Overdose dirilis.Tapi EXO berhasil menempati posisi ke 95, tangga lagu terbaik dunia Billboard 200.

Album ini bahkan disebut sebagai album dengan penjualan tertinggi di Amerika Serikat, menurut laporan Nielsen Music. Dalam waktu 32 jam, videoklip single yang judulnya sama dengan nama album EXO--Overdose--ditonton 3 juta orang. Padahal, album tersebut baru dirilis 7 Mei 2015.

9 dari 11 halaman

Wonder Girls

Wonder Girls

Wonder Girls dianggap sebagai salah satu pembuka jalan Korean Wave di Amerika Serikat dengan lagu Nobody yang rilis 2009 silam. Nobody berhasil menempati posisi 76 di Billboard HOT.

Sunye saat tampil bersama Wonder Girls saat ditantang seperti Girls Generation dengan lagu Kissing You pada 2008 silam.

Nobody diluncurkan khusus untuk pasaran di Amerika Serikat dalam bahasa Inggris. Hebatnya, Nobody adalah lagu yang diproduksi dan dinyanyikan oleh artis Korea pertama yang masuk ke deretan tangga lagu ternama Billboard. Saat itu, Wonder Girls yang digawangi Yubin, Yenny, Sun, Sohee, dan Lim ini juga dinobatkan sebagai girlband wanita terbaik sepanjang masa versi Majalah AS, US Weekly.

10 dari 11 halaman

2NE1

2NE1

2NE1 dengan album Crush yang rilis 2014 silam sukses berada di posisi tinggai di Billboard yaitu 61 dalam Billboard 200. Tak lama dirilis, album itu terjual lima ribu keping di Amerika Serikat, angka yang tinggi untuk karya yang tidak dipromosikan.

2NE1

Billboard juga memberikan pujian untuk videoklip Come Back Home di album Crush, menyebutnya, Come Back Home hadir dengan konsep yang unik. Selain itu, perpaduan musiknya antara electro-pop dan hiphop membuat penggemar akan terbuai.

11 dari 11 halaman

PSY

PSY

Penyanyi K-Pop yang telah dikenal secara internasional itu sukses dengan album Gentlemen yang rilis 2013 silam, mengekor kesuksesan Gangnam Style. Karya milik PSY Itu berhasil masuk lama Billboard 100, menempati posisi 12. Bahkan, Gentlemen sukses meroket, mendarat di posisi ke 5 hanya dua minggu setelah dirilis, April 2013 silam.

Sementara, Billboard mencatat lagu fenomenal Gangnam Styles berada di posisi kedua dalam Billboard HOT pada 2012 silam. Saat dirilis, berhasil ada di posisi ke 6. Namun dalam waktu 7 minggu melesat hingga runner-up.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS