Sukses

Lagi-lagi Gelar Doktor Bill Cosby Dicabut

Tambah satu lagi daftar universitas yang mencabut gelar doktor kehormatan yang diberikan kepada komedian ternama Bill Cosby.

Liputan6.com, Rhode Island Tambah satu lagi daftar universitas yang mencabut gelar doktor kehormatan yang diberikan kepada komedian ternama Bill Cosby. Brown University di Amerika Serikat baru saja melakukannya mengikuti jejak sejumlah universitas yang telah lebih dulu menganulir gelar Cosby.

Bill Cosby (Washington Post)

Seperti dilansir Huffington Post, Selasa (29/9/2015), dalam sebuah email, Rektor Brown University, Christina Paxon mengumumkan pencabutan gelar tersebut.

"Telah menjadi jelas, berdasarkan bukti legal yang terkuak ke publik musim panas ini, bahwa Tuan Cosby telah terlibat hubungan dengan wanita, yang bertentangan dengan nilai-nilai yang dianut oleh Brown dan kualitas yang membuatnya dianugerahi (gelar doktor) oleh universitas pada 1985 silam," ujarnya.

Bill Cosby (Niaje.com)

Sejak kasus pembiusan dan penyerangan seksual yang dituduhkan kepada Bill Cosby merebak beberapa waktu lalu, Cosby mendadak dianggap sebagai sosok yang menjijikan. Mulai dari Fordham University, Marquette University, hingga NYU ramai-ramai mencabut gelar doktor yang pernah mereka anugerahkan kepada Bill Cosby atas prestasi luar biasanya di industri hiburan.

Bill Cosby

Pengacara Bill Cosby sempat berkomentar keras soal ramainya pencabutan gelar terhadap kliennya ini dan sempat menulis surat kepada Rektor Forham saat universitas tersebut mencabut gelar yang pernah diberikannya.

Baca juga: Emma Watson Ungkap Diskriminasi Gender di Hollywood

"Meski saya tidak setuju dengan keputusan dewan untuk mencabut gelar doktor yang telah diberikan kepada Tuan Cosby oleh universitas, saya menerima kalau hal tersebut merupakan sepenuhnya hak mereka. Meski begitu, pernyataan yang dikeluarkan pihak universitas sangat tak bertanggung-jawab dan tidak bernurani," katanya.

Baca juga: Album Pilihan: Rock Or Bust - AC/DC

"Pernyataan tersebut telah membunuh karakter secara menjijikan aksi dan kesaksian Bill Cosby, dalam bahasa yang lebih cocok untuk tabloid ketimbang sebuah lembaga pendidikan tinggi terhormat," pungkas pengacara Bill Cosby.(Gul/Mer)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.