Sukses

Manga One Piece Pecahkan Guinness World Record

Liputan6.com, Jakarta Larisnya manga One Piece di seluruh dunia, akhirnya membawa berkah tersendiri bagi sang pengarang, Eiichiro Oda. Karya besarnya itu akhirnya memecahkan salah satu rekor dunia.

One Piece volume 77 telah terjual sebanyak 1.668.225 eksemplar dan mengungguli manga edisi terbaru Bleach.

Dilansir dari Anime News Network, Senin (15/6/2015), melalui situs resmi One Piece, diumumkan pada Senin di Jepang bahwa manga tersebut telah mendapatkan sebuah rekor baru dari Guinness World Record.

One Piece dinobatkan sebagai 'Salinan paling banyak diterbitkan untuk seri buku komik yang sama oleh seorang penulis tunggal'. Sampai akhir Desember 2014, manga ini telah dicetak 320.866.000 eksemplar di seluruh dunia.

Manga paling laris One Piece akhirnya memiliki sebuah cerita sampingan atau yang biasa disebut spinoff.

Mengenai diberinya penghargaan terhormat ini, Eiichiro Oda pun menyampaikan pernyataan yang berisi, "Terima kasih untuk sertifikasi ini di Guinness World Record. Manga adalah cara menyenangkan untuk melewatkan waktu, tetapi ketika saya menerima laporan yang mengatakan 'melalui One Piece saya menjalin pertemanan,' atau 'melalui One Piece saya menemukan kekasih saya', Saya benar-benar bahagia."

Dilanjutkannya, "Saya merasa jumlah rekor ini seperti memiliki kemungkinan untuk membawa orang-orang dari jumlah serupa bersama-sama. Saya tidak akan melupakan para pendahulu saya di dunia manga, rekan-rekan yang bekerja dengan saya, dan pembaca saya, dan mulai sekarang saya ingin terus menggambar sebuah karya yang tidak akan memalukan rekor ini."

One Piece tidak akan tampil di majalah Weekly Shonen Jump edisi 28 dan 29.

Sebuah upacara diadakan di Tokyo pada Senin lalu untuk memberikan penghargaan kepada sang pengarang. Oda tidak hadir, namun editor Weekly Shonen Jump, Yoshihisa Heishi datang untuk mewakilinya.

Eiichiro Oda meluncurkan One Piece pertama kali pada tahun 1997. Manga ini telah diterbitkan di lebih dari 30 negara, termasuk Indonesia. Shueisha merilis volume manga ke-77 di Jepang dengan oplah awal 3,8 juta kopi pada 3 April 2015 lalu. (Rul/Mer)