Sukses

[EKSKLUSIF] Mengenal Lebih Dekat Hantu Tuyul

Liputan6.com, Jakarta Meski perkembangan teknologi telah membuat dunia menjadi begitu berbeda. Berbagai cerita misteri masih terus hidup dan seolah lestari dengan sendirinya. Termasuk sosok Tuyul yang hingga saat ini masih saja dicari orang sebagai 'penyelamat' hidup.

Padahal, walaupun Tuyul tak mengenal bagi hasil, bukan berarti kerjanya lantas dilakukan tanpa pamrih. Bahkan, jika dipikir dengan akal sehat, bayaran yang diminta mahkluk ini terkadang tak sebanding dengan apa yang didapat oleh majikannya.

Nah, untuk mengobati rasa penasaran anda, Liputan6.com baru-baru ini melakukan tanya jawab dengan paranormal Citra Prima perihal sosok ini. Pembicaraan pun semakin menarik setelah Citra memperlihatkan gambaran sesungguhnya soal tuyul di film terbarunya yang direncanakan rilis pada 8 April nanti.

Penasaran? Berikut hasil pembicaraan kami:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Selanjutnya

Kebanyakan masyarakat percaya kalau sosok Tuyul itu berbentuk seperti anak kecil berkepala gundul. Sementara di film Tuyul garapan Renee Pictures, sosok hantu yang ditampakkan benar-benar seram, terutama dengan kepala lonjong dan telinga yang runcing. Sebenarnya, jika dilihat dengan mata bathin, bentuk asli tuyul tuh seperti apa sih?

Secara fisik tidak melebihi pinggang orang dewasa, bahkan sebagian besar setinggi dengkul orang dewasa. Telinga runcing, mata seperti kucing. Kulitnya ada yang keabu-abuan, merah legam, tergantung dari ras tuyul yang mana.

Ras?

Ya mereka ada jenis ras juga, sama seperti dimensi manusia, dimensi mahkluk astral juga memiliki ras dan kasta.

Untuk populasinya sendiri, Tuyul kebanyakan ada di daerah mana?

Untuk Tuyul dominasinya ada banyak di pulau jawa. Karena di pulau lain didominasi makhluk astral yang berbeda.

3 dari 4 halaman

Selanjutnya

Sekarang kita lanjut ke pesugihan, persyaratan apa saja yang biasanya dilakukan untuk mengurus Tuyul?

Tergantung dari jenis tuyul yang di"miliki", di"beli" atau di"sewa", semakin besar mahar nya semakin "pintar bekerja". Pemiliknya ( tangan ke tiga) yang ingin pesugihan biasanya menyanggupi syarat yang diberikan oleh "makelar" misal dengan Tumbal Tahunan, tumbal 100 hari, tumbal 1000 hari atau 7 tahun. Semakin ingin cepat hasilnya, semakin berat pertukarannya. Beberapa hal yang dilakukan; kamar khusus dengan banyak mainan, tempat tidur bayi, permen, dan media ritual malam tertentu.

Selain tumbal, Resiko mengerikan apa lagi yang bisa didapat dari memelihara Tuyul?
 
Resiko terbesar dari sisi agama ya dosa musyrik. Resiko duniawi, menjadi pemalas dan terus bergantung. Resiko non duniawi perjanjian dengan dunia hitam tentunya berakhir naas dan berimbas kepada anak turunnya. Ini hanya kesenangan sesaat namun merugikan keturunannya kelak.

Untuk cara berkomunikasinya sendiri, Apakah Tuyul mempunyai bahasa khusus?

Pemilik yang tidak bisa melihat tuyul biasanya sudah diberi rambu jika ada kehadiran mereka oleh "makelar" misalnya suara anak-anak tertawa, anak menangis di jam tertentu, atau suara lari-lari kecil. Biasanya itu meminta makan karena lapar atau saatnya ritual.

Loyalkah Tuyul pada majikannya? Bisakah sewaktu-waktu dia berbalik berkhianat?
Tuyul tidak pernah loyal, mereka hanya terikat pada mantra yang dibuat peramunya untuk tidak bisa kemana mana. Istilahnya kerja paksa, jika tidak bekerja maka akan disiksa atau menderita.

4 dari 4 halaman

Selanjutnya

Benarkah dengan mencukur alis seseorang bisa melihat Tuyul?

Tidak, itu mitos.

Apakah karakternya Tuyul agresif? Dan bagaimana caranya melawan saat kita berhadapan dengan Tuyul?

Yang dilakukan? Kejutkan saja! Biasanya mereka akan kabur untuk sementara waktu. Atau panggil orang yang mumpuni dalam hal tersebut.

Cara agar tak terus dihantui Tuyul?

Letakkan barang berharga di arah leher dewasa ke atas. Karena daerah operasi tuyul terletak di leher arah ke bawah. Sebenarnya tuyul tidak menyerang kecuali yang memang sudah berkolaborasi dengan tingkat jin yang hitam. Tetapi ada beberapa golongan tuyul yang memang agresif karena mereka lebih fokus kepada nyawa manusia dengan memanipulasi memberikan kekayaan. Seperti contohnya sosok wishmaster, "Saya beri permintaan, tapi nyawa melayang."

Di film Tuyul Part 1, karakter Tuyul yang ditampilkan terlihat begitu liar dan agresif? Ada penjelasan khususkah?

Karakter di film Tuyul part 1, termasuk Tuyul kategori tingkat agresif karena sudah terlalu lama disekap dan diabaikan. Lalu karena merasa dendam maka segala upaya dilakukan untuk meneror ibu hamil. Terlebih dengan adanya janin segar yang bisa membuat tuyul menjadi lebih kuat.

Terakhir, dengan segala kerja keras Reenee Pictures dalam menggambarkan sosok Tuyul yang asli, apakah itu sempat mengundang Tuyul-Tuyul asli untuk datang?

Tanpa harus mengundang tuyul dgn ritual pun, Tuyul-tuyl datang sendiri di Gunung Pancar dan "bermain" dengan dicky, aktor yg memerankan Tuyul. Ia sampai merasa "terganggu" dan perlu dinetralisir.(Feb/Rom)

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS