Sukses

Boneka Ted Dituding Menjiplak, Seth MacFarlane Dituntut

Bengal Mangle Productions menyebut karakter beruang Ted sama dengan karakter di serial web Acting School Academy.

Liputan6.com, Los Angeles Sebuah rumah produksi yang berbasis di California mengajukan tuntutan hukum pada Seth MacFarlane. Komedian yang juga sineas itu dituding telah menjiplak karakter boneka beruang yang suka berkata vulgar dan penakluk wanita untuk filmnya, Ted (2012).

Dalam berkas tuntutannya, seperti dilansir laman Time, Selasa (15/7/2014), rumah produksi Bengal Mangle Productions menyebut karakter beruang Ted sama dengan skenario untuk serial web Acting School Academy yang ditulis tahun 2008.

"Dalam skenario itu terdapat karakter bernama Charlie," kata berkas tuntutan itu. "Charlie adalah boneka beruang teddy yang hidup bersama seorang manusia dewasa. Ia hidup bersama manusia-manusia dewasa yang menjadi temannya. Charlie suka minuman keras, merokok, pergi ke pelacur, dan digambarkan sebagai karakter yang kocak dan vulgar."

Pihak penggugat mengklaim serial web Acting School Academy yang diputar di YouTube, Facebook, iTunes, Funny or Die, Vimeo, dan berbagai forum sudah ditonton sekitar 1,2 juta kali.

Studio film Universal merilis `Ted` karya Seth MacFarlane pada Juni 2012. Menurut laman Hollywood Reporter, `Ted` meraih USD 550 juta dari seluruh dunia, perolehan tertinggi bagi film komedi dewasa.

Dalam gugatan pelanggaran hak cipta ini pihak penggugat menuntut pembayaran ganti rugi. Namun angkanya tak disebutkan. Sementara itu, baik pihak MacFarlane maupun Universal belum berkomentar. (Ade/Mer)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini