Sukses

Album Perdana Vokalis Blur Digagalkan Paolo Nutini

Album Damon Albarn berjudul Everyday Robots hanya menempati posisi runner-up, kalah oleh album Paolo Nutini berjudul Caustic Love.

Liputan6.com, London, Inggris Damon Albarn yang dikenal sebagai vokalis band Blur, belum lama ini baru saja merilis debut albumnya yang diberi judul Everyday Robots. Sayangnya di awal perilisan, albumnya itu tidak berhasil menempati posisi puncak tangga album Inggris.

Melalui situs Official Charts Company, terlihat bahwa Everyday Robots hanya mampu menempati posisi runner-up, kalah oleh album Paolo Nutini berjudul Caustic Love di Official Albums Chart UK Top 100 edisi 10 Mei 2014.

Hal ini tentu saja membuat fans maupun pengamat yang menjagokan Damon Albarn sebagai jawara chart di perilisan awal, harus tertunduk. Walaupun begitu, album baru Damon sukses menaklukkan penjualan album beberapa artis lain seperti Imelda May, Paloma Faith, Embrace, dan Pixies.

Album Caustic Love sendiri sudah bertengger di posisi puncak peringkat selama tiga pekan. Kini, album tersebut sudah terjual lebih dari 198 ribu kopi. Tak hanya itu, Caustic Love juga mendapat kehormatan sebagai rekaman artis yang penjualannya paling cepat selama 2014.

Everyday Robots sendiri dirilis pada 25 April 2014 lalu dengan beberapa single andalan seperti Everyday Robots, Lonely Press Play, Hollow Ponds, Mr. Tembo, dan Heavy Seas of Love.

Damon menawarkan 12 track di dalamnya dengan bonus dua tembang baru untuk iTunes Special Edition. Ia juga mengajak Brian Eno dan Natasha Khan (Bat for Lashes) sebagai musisi tamu.

Karier Damon Albarn di dunia musik dimulai sejak ia membentuk band Blur di Inggris pada 1988 bersama Graham Coxon (gitar), Dave Rowntree (drum), dan Alex James (bass). Selain berkarier dengan Blur, Damon juga dikenal sebagai salah satu pendiri sekaligus otak dari grup musik fiktif Gorillaz.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.