Sukses

OJK Paling Banyak Terima Aduan Soal Ini

OJK menerima 582 pengaduan konsumen yang terkait permasalahan di sektor industri jasa keuangan sampai akhir September 2013.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menerima 582 pengaduan konsumen yang terkait permasalahan di sektor industri jasa keuangan sampai akhir September 2013.

Direktur Pelayanan Konsumen OJK Bidang Edukasi, Sondang M Samosir mengatakan, dari total 582 pengaduan tersebut, yang paling tinggi masih di sektor asuransi sebesar 61%.

"Dari 582 pengaduan konsumen, paling dominan masih asuransi sebesar 61%, perbankan sebesar 21% dan pasar modal sebesar 4%. Untuk permintaan layanan sendiri masih sebesar 14%," ujar Sondang ketika ditemui di Ruang Auditorium Mulia Business Park, Jakarta, Senin (7/10/2013).

Menurut Sondang, tingkat pengaduan di bidang pasar modal terbilang sedikit, karena konsumen di bidang pasar modal merupakan mereka yang sudah paham usaha yang digelutinya. Sehingga jarang sekkali banyak pengaduan di bidang pasar modal.

Selain asuransi, dari 582 pengaduan konsumen juga banyak menyangkut masalah investasi dan layanan perbankan yang masih belum maksimal, sehingga banyak konsumen mengadu ke OJK dengan harapan bisa ada perubahan.

Selain itu, dia menuturkan, OJK sudah memiliki total layanan mencapai 5.413, sejak mendirikan fasiitas layanan call center kepada masyarakat luas.

"Semenjak dibuat call center sampai sekarang, total layanan kami sudah mencapai sebesar 5.413 layanan. Total layanan ini sudah luar biasa," tegasnya. (Dis/Nur)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Otoritas Jasa Keuangan atau OJK adalah lembaga yang berfungsi untuk mengatur dan mengawasi seluruh kegiatan di sektor keuangan.

    OJK

  • aduan konsumen

Video Terkini