Sukses

Sentimen Ini jadi Fokus Investor di Wall Street

Suku bunga The Federal Reserve (the Fed), kinerja pasar tenaga kerja, dan pendapatan dari raksasa teknologi akan menguji optimisme pasar saham Amerika Serikat (AS).

Liputan6.com, Jakarta - Saham-saham di wall street atau bursa saham Amerika Serikat (AS) mengalami rebound karena pendapatan perusahaan teknologi memicu reli di pasar, meskipun ada kekhawatiran the Federal Reserve (the Fed) atau bank sentral AS akan mempertahankan suku bunga lebih tinggi dalam jangka waktu lebih lama.

Di wall street, indeks Nasdaq Composite naik lebih dari 4% minggu lalu, sedangkan S&P 500 melonjak hampir 3%, dan Dow Jones Industrial Average (DJI) menguat kurang dari 1%.

Sepekan ke depan, pertemuan dan keputusan suku bunga The Fed, kinerja pasar tenaga kerja, dan pendapatan dari perusahaan teknologi besar Apple dan Amazon akan menguji optimisme pasar AS baru-baru ini.

"Peningkatan data inflasi lainnya kemungkinan akan mengarah pada pesan yang lebih condong hawkish pada pertemuan FOMC bulan Mei," kata kepala ekonom Deutsche Bank AS Matthew Luzzetti menulis dalam catatan penelitiannya, dikutip dari Yahoo Finance, Senin (29/4/2024).

"Meskipun kami memperkirakan Komite akan mempertahankan bias pelonggaran, kami juga mengantisipasi pernyataan dan konferensi pers akan menggemakan pandangan Ketua The Fed Jerome Powell," paparnya.

Pasar Tenaga Kerja

Dengan komitmen The Fed untuk mempertahankan suku bunga lebih tinggi sampai yakin inflasi AS akan turun, terdapat fokus yang berkelanjutan pada kesehatan pasar tenaga kerja.

Data yang kuat membuat para ekonom berharap inflasi AS dapat turun hingga 2% tanpa mendorong perekonomian ke dalam resesi, meskipun suku bunga yang lebih tinggi.

Laporan ketenagakerjaan April diperkirakan menunjukkan 250.000 pekerjaan nonfarm payroll ditambahkan ke perekonomian AS, dengan tingkat pengangguran tetap stabil di 3,8%, menurut data dari Bloomberg. 

Secara umum, para ekonom memperkirakan tidak akan ada tanda-tanda keretakan dalam kekuatan pasar tenaga kerja.

"Kami tidak memperkirakan momentum pasar tenaga kerja baru-baru ini akan melambat," tulis ekonom BofA AS Michael Gapen dalam catatan mingguan kepada kliennya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Reaksi Pasar Terhadap Raksasa Teknologi AS

Sejauh ini, reaksi pasar terhadap pendapatan perusahaan teknologi besar AS beragam. Rencana Meta untuk mengeluarkan banyak dana pada teknologi Kecerdasan Buatan, bersama dengan panduan pendapatan kuartal kedua 2024 yang lebih lemah dari perkiraan, membuat investor terdiam.

Saham raksasa media sosial itu turun lebih dari 10% setelah rilis pendapatannya.

Sementara itu, perusahaan induk Google, Alphabet menjadi pemenang minggu ini.

Sahamnya Alphabet melonjak lebih dari 10% setelah perusahaan mengumumkan program dividen tunai sebesar $0,20 per saham, persetujuan untuk program pembelian kembali saham senilai $70 miliar, dan hasil pendapatan yang melampaui perkiraan .

Kapitalisasi pasar Alphabet mencapai $2 triliun pada hari Jumat.

Ahli strategi sektor teknologi Baird, Ted Mortonson, menjelaskan bahwa alasan utama di balik perbedaan pergerakan di dua saham perusahaan teknologi adalah "permainan penentuan posisi". Saham Meta telah melonjak selama setahun terakhir, sementara kinerja Alphabet tidak terlalu tinggi.

Narasi ini akan diuji sekali lagi ketika Apple dan Amazon dijadwalkan melaporkan pendapatannya. 

3 dari 3 halaman

Pekan Tersibuk S&P 500

Selain raksasa teknologi, ini juga akan menjadi minggu tersibuk dalam pelaporan S&P 500. Dengan 46% dari indeks telah melaporkan untuk kuartal ini, indeks tersebut melacak pertumbuhan laba per saham sebesar 3,5%, sedikit di atas 3,2 % diharapkan sebelum dimulainya musim pendapatan, menurut FactSet.

Para ahli strategi mengatakan kepada Yahoo Finance bahwa tampaknya perusahaan-perusahaan sedang berjuang untuk mengesankan investor dan mendorong reaksi besar saham setelah reli pasar besar-besaran di awal tahun.

"Anda tidak hanya perlu yakin (pada perkiraan pendapatan) dan mempertahankan (panduan), Anda juga perlu yakin dan percaya diri terhadap arah jangka panjang dari perusahaan-perusahaan ini," kata ahli strategi Citi, Drew Pettit.

Namun, sejauh ini terdapat hikmah dalam laporan pendapatan: Margin laba meningkat. S&P 500 memperkirakan margin laba bersih sebesar 11,5% pada kuartal ini, di atas 11,2% yang terlihat pada kuartal terakhir dan sejalan dengan margin tahun lalu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.