Sukses

Alasan Pengelola Alfamart Kembangkan Layanan Daring

PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (AMRT) mengembangkan kegiatan usaha berupa portal web dan atau platform digital dengan tujuan komersial.

Liputan6.com, Jakarta - PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (AMRT), pengelola Alfarmart menambah kegiatan usaha di bidang portal web atau platform digital dengan tujuan komersial.

Mengutip keterbukaan informasi ke Bursa Efek Indonesia (BEI), 5 April 2024, dikutip Minggu (14/4/2024), PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk mengembangkan kegiatan usaha berupa portal web dan atau platform digital dengan tujuan komersial (KBLI 63122). Dengan usaha ini, konsumen dapat memesan berbagai macam barang yang dijual oleh Perseroan dengan mudah dan cepat melalui portal web atau platform digital.

Sebelumnya Perseroan memiliki Alfagift yang dikembangkan sebagai platform keanggotaan digital bagi konsumen yang akan menjadi member Alfamart.

Akan tetapi, seiring berjalannya waktu terutama selama dan sesudah pandemi COVID-19, tren penjualan ritel mengalami pergeseran ke arah go online mengikuti perubahan perilaku konsumen yang selama beberapa tahun terakhir sudah terbiasa bertransaksi dan berbelanja dengan mudah secara jarak jauh.

Oleh karena itu, Perseroan pun dituntut untuk dapat adaptif dengan mengembangkan kegiatan usahanya melalui platform digital yaitu Alfagift. Alfagift sebagai salah satu omni channel Alfamart yang menyediakan layanan pemenuhan kebutuhan sehari-hari untuk konsumen termasuk kebutuhan groceries, produk e-services, dan sebagainya.

Alfagift yang terus berkembang dengan menambahkan fitur transaksi sehingga konsumen dapat memesan makanan, minuman dan atau produk lainnya di gerai Alfamart dengan mudah dan cepat.

Alfagift disiapkan untuk terus membuat Alfamart tetap relevan dengan preferensi seluruh segmen masyarakat khususnya kalangan usia muda dengan terus mengimplementasikan teknologi terkini yang sejalan dengan kebutuhan konsumen.

“Langkah ini memungkinkan Perseroan untuk menjangkau target pasar secara lebih efektif dengan memanfaatkan kemajuan teknologi untuk memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen,” tulis Perseroan.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Alasan Menambah Kegiatan Usaha

Selain itu, hingga 31 Desember 2023, Perseroan memiliki gerai Alfamart dengan jumlah 19.087 gerai yang tersebar di seluruh Indonesia. Perseroan juga melihat perkembangan industri digital memiliki prospek bisnis yang menguntungkan terutama belanja online yang telah menjadi bagian dari gaya hidup modern dalam kehidupan sehari-hari.

“Rencana penambahan kegiatan usaha diharapkan dapat meningkatkan kinerja keuangan Perseroan dan memberikan nilai tambah investasi bagi pemegang saham Perseroan,” tulis Perseroan.

Adapun berikut alasan rencana penambahan kegiatan usaha:

1.Perseroan melihat perkembangan industri digital memiliki prospek bisnis yang menguntungan yang telah menjadi bagian dari gaya hidup modern masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

2.Perseroan berupaya untuk meningkatkan pelayanan dan kemudahan konsumen dalam berbelanja dengan hadirkan fitur transaksi di Alfagift.

3.Peningkatan jumlah member Alfagift diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap peningkatan penjualan Perseroan.

Perseroan juga menyatakan penambahan kegiatan usaha akan memberikan dampak keuangan positif yakni pendapatan Perseroan akan meningkat 4,56 persen dan laba kotor bertambah 2,95 persen. “Analisa dampak keuangan ini menggunakan asumsi proyeksi pada tahun keenam operasional Alfagift,” tulis Perseroan.

 

3 dari 4 halaman

Hasil Studi Kelayakan

Untuk menambah kegiatan usaha ini, Perseroan telah menunjuk Kantor Jasa Penilai Publik (KJPP) Kusnanto dan Rekan (KR) untuk menilai studi kelayakan penambahan kegiatan usaha tersebut.

Berdasarkan hasil analisis atas seluruh data dan informasi yang telah KJPP KR terima dan mempertimbangkan semua faktor yang relevan yang mempengaruhi dalam analisis kelayanan, menurut pendapat KJPP KR rencana penambahan kegiatan usaha ditinjau dari aspek kelayakan pasar, teknis, pola bisnis, model manajemen, dan aspek keuangan adalah layak.

“Khususnya untuk aspek kelayakan pasar, nilai-nilai kriteria investasi yang diperhitungkan selama 10 tahun masa proyeksi net present value (NPV) sebesar Rp 575,46 miliar,” tulis Perseroan.

Adapun net present value adalah selisih dari arus kas saat ini dengan biaya investasi yang dikeluarkan pada periode tertentu. Metode ini dipakai untuk menganalisis investasi untuk menentukan nilai sekarang dari arus kas masa depan yang diharapkan dari suatu proyek dan investasi, demikian mengutip berbagai sumber.

 

4 dari 4 halaman

Gelar RUPS

Perseroan akan meminta persetujuan pemegang saham untuk menambah kegiatan usaha Perseroan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) pada Kamis, 16 Mei 2024.

Pada perdagangan Jumat, 5 April 2024, harga saham AMRT melemah 0,69 persen ke posisi Rp 2.880 per saham. Harga saham AMRT dibuka stagnan di posisi Rp 2.900 per saham. Harga saham AMRT berada di level tertinggi Rp 2.900 dan terendah Rp 2.870 per saham. Total frekuensi perdagangan 2.724 kali dengan volume perdagangan 98.199 saham. Nilai transaksi Rp 28,3 miliar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.