Sukses

Reddit Incar Valuasi Setara Rp 100,93 Triliun saat IPO

Reddit mengajukan prospektusnya pada Februari, dan mengatakan pihaknya berencana untuk go public di Bursa Efek New York dan diperdagangkan dengan kode RDDT.

Liputan6.com, Jakarta - Reddit menargetkan valuasi hampir USD 6,5 miliar atau sekitar Rp 100,93 triliun (kurs Rp 15.527,00 per dolar AS) dalam penawaran umum perdana saham(initial public offering/IPO) mendatang. Perusahaan dan pemegang saham yang ada berencana untuk menjual sekitar 22 juta saham dengan kisaran harga USD 31 hingga USD 34 per saham.

Kapitalisasi pasar yang diproyeksikan mencerminkan jumlah saham yang sepenuhnya terdilusi, bukan hanya saham yang akan segera beredar.

Reddit juga telah menyisihkan sekitar 1,76 juta saham untuk pengguna dan moderator tertentu, yang dikenal sebagai Redditor, yang ingin berpartisipasi dalam IPO dan telah membuat akun penggunanya sebelum 1 Januari. Redditor akan dapat membeli saham tersebut dan kemudian menjualnya. di pasar terbuka karena mereka tidak akan dikenakan periode lock-up, yang biasanya mencegah investor menjual saham selama enam bulan setelah IPO.

Melansir CNBC International, Selasa (12/3/2024), Reddit mengajukan prospektusnya pada Februari, dan mengatakan pihaknya berencana untuk go public di Bursa Efek New York dan diperdagangkan dengan kode RDDT. Dari 22 juta saham yang diterbitkan dalam penawaran tersebut, Reddit menjual sekitar 15,3 juta saham, dan akan menghimpun sebanyak-banyaknya USD 520 juta dari IPO.

Investor mencermati penawaran Reddit yang akan menjadi debut perusahaan teknologi besar pertama tahun ini. Aksi ini sekaligus menjadi IPO media sosial pertama sejak Pinterest go public pada 2019.

Pada 2021, Reddit mengajukan draf rahasia prospektus penawaran umum ke SEC. Pada tahun yang sama, data dari layanan pelacakan kesepakatan PitchBook, mengungkapkan bahwa Reddit mengumpulkan USD 1,3 miliar dalam putaran pendanaan dan memiliki penilaian pasar swasta sebesar USD 10 miliar.

Penjualan tahunan Reddit pada 2023 mencapai USD 804 juta, meningkat 20% yoy dari USD 666,7 juta pada 2022. Perusahaan juga mencatat kerugian bersih sebesar USD 90,8 juta pada 2023, lebih kecil dibandingkan kerugian bersih sebesar USD 158,6 juta pada tahun sebelumnya.

Beberapa pemegang saham terkemuka perusahaan ini termasuk Tencent, perusahaan induk Condé Nast, Advance Magazine Publishers, dan CEO OpenAI Sam Altman, yang merupakan anggota dewan direksi Reddit sejak 2015 hingga 2022.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual saham. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

IPO, Simak Kinerja Keuangan Reddit dan Prospeknya di Tengah Popularitas Facebook dan X

Sebelumnya, Reddit mengungkapkan kinerja terbaru perusahaan sehubungan dengan rencana penawaran umum perdana saham (initial public offering/IPO). Perusahaan berhasil menekan rugi hingga USD 90,8 juta pada 2023. Raihan itu dicatatkan bersamaan dengan pertumbuhan pendapatan sekitar 21 persen pada periode yang sama.

Pengajuan IPO dilakukan hampir dua dekade setelah peluncuran Reddit. Ini sekaligus menjadi ujian besar bagi platform yang masih tertinggal dibandingkan platform lain yang lahir bersamaan, seperti Facebook dan X yang saat ini masih populer.

 Melansir Yahoo Finance, Sabtu (24/2/2024), Reddit mengatakan mereka memiliki rata-rata 73,1 juta pengguna aktif harian dan 267,5 juta pengguna aktif mingguan dalam tiga bulan yang berakhir pada 31 Desember 2023. Perusahaan mengatakan lebih dari 100 ribu komunitas aktif menggunakan platformnya, yang memiliki 1 miliar postingan kumulatif.

Dalam pengajuan IPO, Reddit melaporkan kerugian bersih yang lebih kecil sebesar USD 90,8 juta untuk tahun yang berakhir pada 31 Desember dan mencatat pertumbuhan pendapatan sebesar USD 804 juta, naik dari USD 666,7 juta pada tahun sebelumnya.

Meskipun Reddit diluncurkan sekitar waktu yang sama dengan pionir media sosial lainnya seperti Meta, yang mengoperasikan Facebook, dan Twitter, basis penggunanya jauh lebih kecil dibandingkan perusahaan-perusahaan sezamannya. Angka pertumbuhan Reddit juga tidak seberapa dibandingkan dengan media sosial yang lebih besar karena perusahaan tersebut telah berjuang untuk berhasil memonetisasi platformnya selama bertahun-tahun.

Ada juga pertanyaan tentang pendekatan perusahaan terhadap moderasi konten, yang menjadi kendala bagi pengiklan. Mereka sudah menghadapi persaingan ketat untuk mendapatkan dana periklanan dari TikTok dan Facebook.  Namun, Reddit telah membangun basis setia di antara para penggunanya. Papan pesannya telah memicu beberapa aksi unjuk rasa 'meme-stock' dalam beberapa tahun terakhir.

3 dari 3 halaman

Didirikan pada 2005

Didirikan pada 2005 oleh pengembang web Steve Huffman dan pengusaha Alexis Ohanian, suami dari juara tenis Serena Williams, Reddit telah didukung oleh beberapa investor besar, mulai dari raksasa modal ventura Andreessen Horowitz hingga raksasa teknologi Tiongkok, Tencent Holdings. Rapper Snoop Dogg juga merupakan investor di perusahaan tersebut.

Dalam beberapa tahun terakhir, perusahaan telah melakukan upaya untuk menyegarkan daya tariknya di kalangan pengguna muda melalui akuisisi pesaing TikTok Dubsmash pada 2020. Perusahaan, yang memperoleh pendapatan terutama melalui iklan dan juga menawarkan akses premium dengan biaya bulanan, belum menghasilkan keuntungan, kata Huffman dalam postingan Reddit pada Juni lalu.

Perusahaan telah mengajukan IPO secara rahasia di AS pada akhir 2021, namun kondisi ekonomi yang sulit dan buruknya kinerja saham-saham teknologi yang tercatat di bursa memaksa perusahaan untuk menunda penawaran tersebut. Morgan Stanley dan Goldman Sachs telah ditunjuk sebagai penjamin emisi utama untuk IPO Reddit, yang mencakup lebih dari selusin bank lain.

  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini